Format Portofolio Sertifikasi Guru 2009

PANDUAN

PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN (FORMAT A1)

PESERTA SERTIFIKASI GURU TAHUN 2009

  1. PETUNJUK UMUM

1.  Peserta  sertifikasi  guru  dapat  menggandakan  sendiri  Formulir Pendaftaran Format A1.1

/Format A1.2 ini.

2.  Formulir  Pendaftaran  ditulis  dengan  huruf  balok menggunakan  balpoin dengan tulisan  warna hitam.

  1. Guru  peserta  sertifikasi  harus meneliti  dengan  cermat  semua  identitas yang  dituliskan  pada                Formulir  Pendaftaran  (Format  A1.1/Format  A1.2) ini sebelum diserahkan disahkan kepala sekolah      dan diserahkan ke dinas pendidikan kab/kota atau dinas pendidikan provinsi untuk guru SLB,

agar tidak terjadi hambatan selama proses sertifikasi guru.

4.  Isian Format A1.1/Format A1.2  ini harus sesuai/sama dengan  isian pada Cover Portofolio/Dokumen.

5.  Format  A1.1/Format  A1.2  Asli  (tulisan  peserta)  dientri  oleh  PSG  dinas Pendidikan kabupaten/

kota/provinsi, kemudian  format  tersebut beserta  outputnya dari SIM-NUPTK diserahkan ke LPMP.

B.  PETUNJUK PENGISIAN

Nomor Peserta

Diisi nomor peserta sertifikasi guru. Nomor peserta diberikan oleh dinas pendidikan  kabupaten/kota  atau  dinas  pendidikan  provinsi  untuk  guru SLB.  Guru  peserta  sertifikasi  harus menelitidengan  cermat

kebenaran kode  tahun,  provinsi,  kabupaten/kota,  jenjang  dan  bidang  studi/mata pelajaran, departemen  (depdiknas/Depag), dan nomor urut. Misal Anda peserta sertifikasi guru dengan nomor peserta

09051518010015, tulislah: 09051518010015. Penjelasan nomor peserta tersebut sebagai berikut.

KODE

DIGIT

ARTI

Kode 09

1,2

Guru peserta sertifikasi tahun 2009

Kode 05

3,4

Guru bertugas di Provinsi Jawa Timur

Kode 15

5,6

Guru bertugas di Kabupaten Blitar

Kode 180

7,8,9

Guru matematika (bias pada SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB, SMK, MAK

Kode   1

10

Guru pada Depdiknas

Kode 0015

11,12,13,14

Nomor urut peserta (sama dengan nomor SK Penetapan Peserta

Pola Sertifikasi yang Diikuti

Diisi pola sertifikasi yang diikuti oleh peserta, yaitu Penilaian Portofolio atau Pemberian Sertifikat secara 

Langsung (coret yang tidak perlu).

Nama Peserta (Lengkap dengan Gelar Akademik)

Diisi  nama  lengkap  (termasuk  gelar  akademik)  guru  peserta  sertifikasi. Nama  harus  ditulis  sedemikian  rupa  sehingga  cara  penulisan  (susunan dan ejaan) harus sesuai dengan yang tertulisnama yang tertulis

pada SK Kepangkatan.

Bidang Studi/Mata Pelajaran yang Disertifikasi/Rumpun Kepengawasan

Diisi  Bidang  Studi/Mata  Pelajaran/Bidang  Keahlian/Guru  Kelas TK/TKLB/SD/SDLB/Rumpun 

Kepengawasan  yang  diikuti  dalam  program sertifikasi.  Isian  ini harus  sesuai  dengan  Bidang  Studi/

Mata Pelajaran/Bidang  Keahlian/Guru  Kelas  yang  berkode (Lampiran  5)  dan relevan dengan nomor

peserta. Isian  ini amat penting dan akan melekat pada Sertifikat Pendidik.

NUPTK

Dituliskan NUPTK guru peserta  sertifikasi. Peserta yang memiliki NUPTK 1038755657300033, tulislah  1038755657300033.  Jika  guru  peserta sertifikasi  belum memiliki  NUPTK,  harus segera mengurus  ke

sekolah, dinas pendidikan kab/kota atau dinas pendidikan provinsi bagi guru SLB, dan LPMP. NIP/NIK

Dituliskan  NIP guru  peserta  sertifikasi  (bagi  PNS)  atau  NIK  (bagi  guru bukan PNS) sesuai dengan

SK Pengangkatan sebagai guru. Kosongkan bila guru tidak memiliki NIP/NIK.

Pangkat/Golongan

Dituliskan  pangkat/golongan/ruang  kepegawaian  guru  peserta sertifikasi pada saat pendaftaran menjadi 

peserta sertifikasi guru.

Masa Kerja sebagai Guru

a. Diisikan masa  kerja  sebagai  guru,  baik  sebagai  PNS maupun  Bukan PNS.  Jika  guru  PNS telah

memiliki masa  kerja  sebagai  guru  bukan PNS, maka masa kerjanya merupakan gabungan  keduanya.

Jika guru sebagai  peserta  sertifikasi  kategori  bukan  PNS masa  kerja dihitung sejak yang bersangkutan

menjadi guru.

  1. b. Peserta  sertifikasi  guru  tahun  2009,  harus  memiliki  masa  kerja sebagai  guru  minimal   4  tahun  pada             suatu  satuan  pendidikan  dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005  tentang Guru dan Dosen

terbit, yang bersangkutan sudah menjadi guru.

Jenis Kelamin

Dituliskan  jenis  kelamin  guru  peserta  sertifikasi,  Laki-laki  atau Perempuan; dicoret yangtidak perlu.

Tempat, Tanggal Lahir

Diisikan  tempat dan  tanggal  lahir guru peserta  sertifikasi  sesuai dengan identitas pada SK Kepangkatan.

Misal: Blitar, 21 April 1964.

Pendidikan Terakhir/Program Studi

Diisi  jenjang pendidikan  terakhir  yang  sudah dicapai dan program  studi yang  pernah  diikuti guru  peserta  sertifikasi  sesuai  ijazah  yang  dimiliki. Misal: S1/Pendidikan Matematika.

Jenis/Jenjang Pendidikan Tempat Tugas/Pengawas Satuan Pendidikan

Dituliskan  Jenis/Jenjang  Pendidikan  Tempat  Tugas  atau  yang  menjadi binaan  pengawas (TK/SD/SMP/

Beban Kerja Per Minggu

Dituliskan beban  kerja  per  minggu  peserta  sertifikasi. Penghitungan beban  kerja sesuai denganketentuan.

Khusus  untuk  guru BK diisikan jumlah peserta didik yang dibimbing.Untuk pengawas dituliskan  jumlah

beban  kerja  per  minggu  kegiatan  kepengawasan  sesuai  dengan ketentuan yang berlaku.

Tugas Tambahan

Diisi  tugas  tambahan  guru  peserta  sertifikasi,  misal  sebagai  kepala sekolah, misal kepala sekolah, wakil

kepala sekolah, kepala urusan, ketua jurusan,  ketua  program  keahlian,  kepala  laboratorium,  kepala  bengkel, kepala studio, kepala klinik rehabilitasi, wali kelas (guru kelas SD/TK), dan pembina  kegiatan  ekstra  kurikuler  (pramuka, drumband, mading,  karya IlmiahRemaja-KIR, dll), tidak termasuk kepanitiaan.

Sekolah/Instansi Tempat Tugas

Dituliskan  identitas  instansi  tempat  bertugas  atau  Satminkal  (Satuan Administrasi  Pangkal)  peserta  sertifikasi,  meliputi:  nama sekolah/instansi, alamat sekolah/instansi, Kecamatan, kab/kota, provinsi, nomor

telepon sekolah/instansi, dan khusus untuk peserta sebagai guru dituliskan Nomor Statistik Sekolah (NSS).

Jumlah Sekolah Binaan

Dituliskan  jumlah  satuan  pendidikan  (sekolah)  yang  menjadi  binaan pengawas peserta sertifikasi guru.

Pengesahan

  • Format A1.1 Asli (tulisan peserta)

o Peserta  Sertifikasi  diisi  nama  lengkap  guru  peserta  sertifikasi  sesuai  yang  tertulis  pada isian nama

dan  ditandatangani  oleh peserta yang bersangkutan

o Kepala  sekolah,  diisi  nama  sekolah,  nama  kepala  sekolah, ditandatangani  oleh  kepala  sekolah  dan     dibubuhi  cap/stempel sekolah tempat/satminkal  guru bertugas.

o Dinas  pendidikan  kabupaten/kota/provinsi  tidak  perlu  tanda tangan pada Format A1.1

Asli (tulisan peserta).

  • Format A1.1 output SIM-UPTK

o Ditandatangani  oleh  Kepala  Dinas  Pendidikan  Kabupaten Kota/Provinsi    dan  dibubuhi  cap/stempel

dinas  pendidikan kabupaten/kota.  Untuk  guru  SLB  ditandatangani  oleh  dinas pendidikan provinsi.

o Peserta  Sertifikasi  (guru)  dan  kepala  sekolah  tidak  perlu  tanda tangan pada Format A1.1

output SIM-UPTK.

  • Format A1.2 Asli (tulisan peserta)

o Peserta  Sertifikasi  diisi  nama  lengkap  pengawas  peserta sertifikasi sesuai yang tertulis pada isian

nama dan ditandatangani oleh peserta yang bersangkutan

o Dinas  pendidikan  kabupaten/kota/provinsi  tidak  perlu  tanda tangan pada Format A1.2 Asli  (tulisan peserta).

  • Format A1.2 output SIM-UPTK

o  Ditandatangani  oleh  Kepala  Dinas  Pendidikan  Kabupaten Kota/Provinsi    dan  dibubuhi  cap/stempel    dinas  pendidikan kabupaten/kota.  Untuk  guru  SLB  ditandatangani  oleh  dinas pendidikan provinsi.

o  Peserta  Sertifikasi  (pengawas)  tidak  perlu  tanda  tangan  pada Format A1.2 output SIM-NUPTK.

TATACARA PEMBERIAN NOMOR PESERTA

Nomor peserta meliputi 14 (empat belas) digit dengan ketentuan pemaknaan sebagai berikut.

10

Digit 1 dan 2,

tahun 2009, “09”

Digit 3 dan 4, Provinsi

(kode lihat lampiran)

Digit 5 dan 6, Kab/Kota

(kode lihat lampiran)

Digit 7, 8, 9, bid. Studi

(kode lihat lampiran)

Digit 10, Departemen

1=Depdiknas, 2=Depag

Digit 11 s.d 14, nomor urut

Pengisian Digit 1 dan 2

Digit  1  dan  2  adalah  kode  untuk  tahun  ketika  guru menjadi  peserta  sertifikasi,  diisi  tahun  (dua  digit  dari  belakang).  Contoh,  guru  menjadi  peserta  sertifikasi tahun 2009, diisi 09.

Pengisian Digit 3 dan 4

Digit  3  dan  4   adalah  kode  untuk  provinsi  tempat  guru  melaksanakan  tugas mengajar.  Pengisian  digit  tersebut  sesuai  dengan  Lampiran  4.  Contoh,  guru melaksanakan tugas mengajardi Provinsi Jawa Timur,

digit tersebut diisi dengan kode 05.

Pengisian Digit 5 dan 6

Digit  5  dan  6   adalah  kode  untuk  kabupaten/kota  tempat  guru melaksanakan tugas mengajar.Pengisian

digit tersebut sesuai dengan Lampiran 4. Contoh, guru melaksanakan  tugas  mengajar  di  Kabupaten

Blitar  Provinsi  Jawa  Timur,  digit tersebut diisi dengan kode 15.

Pengisian Digit 7, 8, dan 9

Digit  7,  8,  dan  9  adalah  kode  untuk   bidang  studi/mata  pelajaran/bidang keahlian/guru  kelas TK/

TKLB/SD/SDLB  yang  diikuti  dalam  program  sertifikasi. Pengisian  digit  tersebut  sesuai dengan

Lampiran  5. Contoh, guru melaksanakan tugas mengajar bidang studi matematika SMP diisi dengan

kode 180. Jika peserta sertifikasi adalah guru kelas SD diisi dengan kode 027.

Pengisian Digit 10

Digit 10 diisi dengan kode peserta sertifikasi yang diselenggarakan oleh Depdiknas angka 1, dan oleh

Pengisian Digit 11, 12, 13, dan 14

  1. Nomor  urut  tersebut  diberikan  oleh  dinas  pendidikan  kabupaten/kota  kepada  peserta sertifikasi  sesuai  dengan urutan  pada  SK  Penetapan

Peserta  peserta  yang mengikuti sertifikasi. Misal, peserta sertifikasi nomor urut 15, digit tersebut

ditulis 0015.

Contoh Nomor Peserta yang Ditulis secara Lengkap:

Peserta  sertifikasi  tahun  2009  (kode  09),   di  Provinsi  Jawa  Timur  (Kode  05) Kabupaten  Blitar  (kode  15),  guru  SMP  pengampu  mata  pelajaran  matematika (kode  180),  guru Binaan

Depdiknas  (kode  1),  sebagai  peserta  sertifikasi  dengan nomor  urut  15;  maka  nomor peserta  guru  tersebut  adalah  sebagai  berikut: 09051518010015

KODE PROVINSI (DIGIT 3 DAN 4)  DAN KABUPATEN/KOTA (DIGIT 5 DAN 6)

Provinsi

Kode Provinsi

Kode Kabupaten

Nama Kabupaten/Kota

Jawa Barat

02

11

Kabupaten Garut

KODE BIDANG STUDI/MATA PELAJARAN/GURU KELAS/GURU YANG DIANGKAT DALAM

JABATAN PENGAWAS (DIGIT 7, 8, DAN 9)

  1. GURU MATA PELAJARAN NON KEJURUAN DI SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK*,

DAN  SLB  (Pengelompokan   mata  pelajaran  berdasarkan permendiknas  No.  22  tahun2006  tentang  Standar  Isi,  No.  23  tahun  2006 tentang  Standar  Kompetensi  Lulusan, dan  No.  6  tahun  2007

tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru)

No

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran/Guru Kelas

Kode

1

PAUD/TK/RA Guru Kelas

020

2

SD/MI/SDLB Guru Kelas

027

3

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama Islam

127

4

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama  Katholik

130

5

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama Kristen

134

6

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama Hindu

137

7

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama Budha

140

8

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Agama Konghucu

143

9

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Seni Budaya

217

10

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

220

11

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Bahasa Inggris

157

12

SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)

154

13

SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Matematika

180

14

SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Bahasa Indonesia

156

15

SMP/MTs; SMA/MA Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

224

16

SMP/MTs; SMA/MA Keterampilan

227

17

SMP/MTs/SMPLB; SMALB Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

097

18

SMP/MTs/SMPLB; SMALB Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

100

19

SMA/MA/SMK/MAK* Biologi

190

20

SMA/MA/SMK/MAK* Fisika

184

21

SMA/MA/SMK/MAK* Kimia

187

22

SMA/MA/SMK/MAK* Ekonomi

210

23

SMA/MA/SMK/MAK* Sosiologi

214

24

SMA/MA/SMK/MAK* Antropologi

215

25

SMA/MA/SMK/MAK* Geografi

207

26

SMA/MA/SMK/MAK* Sejarah

204

27

SMA/MA/SMK/MAK* Bahasa Arab

167

28

SMA/MA/SMK/MAK* Bahasa Jerman

160

29

SMA/MA/SMK/MAK* Bahasa Perancis

164

30

SMA/MA/SMK/MAK* Bahasa Jepang

170

31

SMA/MA/SMK/MAK* Bahasa Mandarin

174

32

SMK/MAK* Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI)

330

33

SMK/MAK* Kewirausahaan

331

34

SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* Bimbingan dan Konseling (Konselor)

810

*Hanya untuk kelompok mata pelajaran normatif dan adaptif

  1. 251/C/KEP/MN/2008 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan)

No

Bidang Studi

Keahlian

Program Studi Keahlian

Kompetensi Keahlian

Kode

1

Teknologi dan Rekayasa Teknik Bangunan Teknik Konstruksi Baja

401

Teknik Konstruksi Kayu

402

Teknik Konstruksi Batu dan Beton

403

Teknik Gambar Bangunan

406

Teknik Furnitur

616

Teknik Plambing dan Sanitasi Teknik Plambing dan Sanitasi

407

Teknik Survey dan Pemetaan Teknik Survey dan Pemetaan

521

Teknik Ketenagalistrikan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik

415

Teknik Distribusi Tenaga Listrik

417

Teknik Transmisi Tenaga Listrik

414

Teknik Instalasi Tenaga Listrik

617

Teknik Otomasi Industri

618

Teknik Pendinginan dan Udara Teknik Pendinginan dan Tata Udara

536

Teknik Mesin Teknik Pemesinan

424

Teknik Pengelasan

421

Teknik Fabrikasi Logam

422

Teknik Pengecoran Logam

423

Teknik Gambar Mesin

426

Teknik Pemeliharaan Mekanik Mesin

425

Teknik Otomotif Teknik Kendaraan Ringan

586

Teknik Sepeda Motor

587

Teknik Perbaikan Bodi Otomotif

429

Teknik Alat Berat

428

Teknik Ototronik

430

Teknologi Tekstil Teknik Pemintalan Serat Buatan

484

Teknik Pembuatan Benang

485

Teknik Pembuatan Kain

486

Teknik Penyempurnaan Tekstil

590

Garmen

591

Teknik Grafika Persiapan Grafika

492

Produksi Grafika

491

Instrumentasi Industri Teknik Instrumentasi Gelas

502

Teknik Instrumentasi Logam

501

Kontrol Proses

499

Kontrol Mekanik

500

Teknik Kimia Kimia Analisis

506

Kimia Industri

505

Teknik Industri Teknik dan Manajemen Produksi

592

Teknik dan Manajemen Pergudangan

593

Teknik dan Manajemen Transportasi

594

Teknik Elektronika Teknik Audio-Video

533

Teknik Elektronika Industri

534

Teknik Mekatronika

598

2

Teknologi

Informasi dan

Komunikasi

Teknik Telekomunikasi Teknik Transmisi Telekomunikasi

599

Teknik Suitsing

517

Teknik Jaringan Akses

600

Teknik Komputer dan

Informatika

Rekayasa Perangkat Lunak

524

Teknik Komputer dan Jaringan

525

Multi Media

526

Animasi

565

Teknik Broadcasting Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian

530

Penyiaran Program Radio

529

3

Kesehatan Kesehatan Keperawatan

575

Keperawatan Gigi

577

Analisi Kesehatan

580

Farmasi

582

Farmasi Industri

601

Perawatan Sosial Perawatan Sosial

602

4

Seni,

Kerajinan,

dan Pariwisata

Seni Rupa Seni Lukis

603

Seni Patung

604

Desain Komunikasi Visual

605

Desain Produksi Interior dan Landscaping

606

Desain dan Produksi

Kria

Desain dan Produksi Kria Tekstil

460

Desain dan Produksi Kria Kulit

461

Keramik

462

Desain dan Produksi Kria Logam

463

Desain dan Produksi Kria Kayu

464

Seni Pertunjukkan Seni Musik Klasik

568

Seni Musik Non Klasik

569

Seni Tari

570

Seni Karawitan

571

Seni Pedalangan

572

Seni Teater

573

Pariwisata Usaha Perjalanan Wisata

607

Akomodasi Perhotelan

549

Restoran Tata Boga Jasa Boga

608

Patiseri

434

Tata Kecantikan Kecantikan Kulit

437

Kecantikan Rambut

438

Tata Busana Busana Butik

609

5

Agribisnis

dan

Agroteknologi

Agribisnis Produksi Tanaman Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

553

Agribisnis Tanaman Perkebunan

558

Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman

560

Agribisnis Produksi

Ternak

Agribisnis Ternak Ruminansia

445

Agribisnis Ternak Unggas

446

Agribisnis Aneka Ternak

610

Perawatan Kesehatan Ternak

611

Agribisnis Produksi

Sumberdaya Perairan

Agribisnis Perikanan

449

Agribisnis Rumput Laut

453

Mekanisasi Pertanian Mekanisasi Pertanian

612

Agribisnis Hasil

Pertanian

Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

456

Pengawasan Mutu

458

Penyuluhan Pertanian Penyuluhan Pertanian

613

Kehutanan Kehutanan (4 Tahun)

614

6

Bisnis dan

Manajemen

Administrasi Administrasi Perkantoran

539

Keuangan Akuntansi

540

Perbankan

543

Tata Niaga Pemasaran

615

C. MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL

No

Satuan Pendidikan

Mata Pelajaran Muatan Loka

Kode

1

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB Bahasa Daerah

062

2

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB;

SMA/MA/SMALB/SM

K/MAK*

Bila mata pelajaran muatan lokal diisi dengan

mata pelajaran Bahasa, TIK, Keterampilan,

Kewirausahaan atau mata pelajaran lainnya yang

termasuk mata pelajarannon kejuruan (bagian A) atau

mata pelajaran kejuruan (bagian B) maka kode mata

pelajarannya disesuaikan dengan kode mata pelajaran

non kejuruan atau kejuruan tersebut.

Lihat kode Mata

pelajaran kejuruan

atau non kejuruan

yang relevan

3

SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB;

SMA/MA/SMALB/SM

K/MAK*

Mata pelajaran muatan lokal yang diisi dengan

materi ajaryang sesuai dengan potensi daerah yang

belum termasuk kelompok mata pelajaran

kejuruan (bagian B)

063

  1. GURU YANG DIANGKAT DALAM JABATAN PENGAWAS

(Berdasarkan  Permendiknas  No.  12  tahun  2007  tentang  Standar  Pengawas Satuan Pendidikan)

No

Satuan Pendidikan

Pengawas Rumpun Mata Pelajaran

Kode

1

PAUD/TK/RA Pengawas PAUD/TK/RA

900

2

SD/MI Pengawas SD/MI

910

3

SMP/MTs Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK)

911

Ilmu Pengetahuan Sosial

912

Bahasa

913

Olah Raga

914

Seni dan Budaya

915

4

SMA/MA Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK)

921

Ilmu Pengetahuan Sosial

922

Bahasa

923

Olah Raga

924

Seni dan Budaya

925

5

SMK/MAK Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK)

931

Ilmu Pengetahuan Sosial

932

Bahasa

933

Olah Raga

934

Seni Budaya

935

Teknik dan Industri

936

Pertanian dan Kehutanan

937

Bisnis dan Manajemen

938

Pariwisata

939

Kesejahteraan Masyarakat

940

Seni dan Kerajinan

941

6

SDLB/SMPLB/

SMALB

Pengawas SLB

950

7

SD/MI/; SMP

/MTs/SMA/MA/

SMK/MAK*

Pengawas BK atau Konselor

953

RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO

1.  Kualifikasi akademik

IJAZAH

RELEVANSI

SKOR

SLTA Sekolah pendidikan guru mengajar sesuai bidang studi (mapel)*

50

Sekolah kejuruan mengajar sesuai bidang/ rumpun keahlian

35

Sekolah menengah umum  (termasuk guru yang memiliki ijazah di bawah SLTA)

30

D I Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)*

80

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar

80

Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)*

70

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

60

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel)

50

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar

50

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

40

D II Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)*

100

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar

100

Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)*

90

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

80

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel)

70

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar

70

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

60

Sarjana Muda / D III Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)*

120

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar

120

Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)*

110

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

100

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel)

90

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar

90

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

80

S 1 / D IV Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)*

150

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar

150

Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)*

140

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

130

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel)

120

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar

120

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

110

S 2 Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)

175

Kependidikan sesuai dengan  rumpun bidang studi (mapel)

160

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

160

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

145

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

130

S 3 Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)

200

Kependidikan sesuai dengan  rumpun bidang studi (mapel)

180

Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)

180

Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

160

Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi

140

Catatan:

*  Untuk mata pelajaran produktif di SMK, program keahlian analog dengan bidang studi  (mata  pelajaran)

    1. Ijazah Guru  SD  yang  diskor  150 hanya  untuk  S-1  PGSD,  skor  140  untuk  S-1 Kependidikan lima  mata  pelajaran  pokok  di  SD  (Bahasa  Indonesia,

Matematika, PKn, IPS, dan IPA). Skor  ijazah S-1, S-2, atau S-3 yang keduadan seterusnya diakui

sebesar 25% dari skor yang ditetapkan dalam rubrik ini.

2.  Pendidikan dan Pelatihan

Lama Diklat (Jam Pelatihan)

Internasional

Nasional

Provinsi

Kab./ Kota

Kecamatan

R

KR

R

KR

R

KR

R

KR

R

KR

> 640

60

45

50

40

45

35

40

30

35

25

481 – 640

55

40

45

35

40

30

35

25

30

20

161 – 480

45

35

40

30

35

25

30

20

25

15

81 – 160

40

30

35

25

30

20

25

15

20

10

30 – 80

35

25

30

20

25

15

20

10

15

7

8 – 29

30

20

25

15

20

10

15

5

10

3

Keterangan:

R  :   relevan;  materi  diklat  secara  langsung  meningkatkan  kompetensi pedagogik dan     kompetensi

profesional.

KR  :   kurang relevan; materi diklat mendukung kinerja profesional guru.

  1. Pendidikan  prajabatan  atau  STPPL  sebagai  persyaratan  untuk

menjadi  PNS tidak diperhitungkan.

3.  Pengalaman Mengajar

Pengalaman Mengajar

Skor

>31 tahun

220

29 – 31 tahun

205

26 – 28 tahun

190

23 – 25 tahun

175

20 – 22 tahun

160

17 – 19 tahun

145

14 – 16 tahun

130

11 – 13 tahun

115

8 – 10 tahun

100

5 – 7 tahun

85

4  tahun

70

Catatan:

  • Tugas belajar diperhitungkan dalam pengalaman mengajar.
  • Pembulatan  pengalaman  mengajar:  p ≤  6  bulan  dibulatkan  ke  bawah

(contoh 7 tahun 6 bulan dihitung 7 tahun); p > 6 bulan dibulatkan ke atas

(contoh 7 tahun 7 bulan dihitung 8 tahun).

4.  Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Perencanaan Pembelajaran
Mengumpulkan 5 buah RP/RPP/SP yang berbeda

Aspek yang dinilai

Skor maks

1.  Perumusan tujuan pembelajaran

2.  Pemilihan materi ajar

3.  Pengorganisasian materi ajar

4.  Pemilihan sumber /media  pembelajaran

5.  Kejelasan skenario pembelajaran

6.  Kerincian skenario pembelajaran

  1. Kesesuaian teknik penilaian dengan tujuan pembelajaran

8.  Kelengkapan instrumen penilaian pembelajaran

5

5

5

5

5

5

5

5

Catatan:

Lima  RP/RPP/SP  dinilai  oleh  asesor  dengan  menggunakan  Instrumen Penilaian RPP (halaman 35‐36) dan dihitung skor reratanya.

Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling

  1. Perencanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Mengumpulkan  5

buah Program

Pelayanan

Bimbingan dan

Konseling (PPBK)

Aspek yang dinilai

Bobot Skor

  1. Perumusan tujuan pelayanan
  2. Pemilihan dan pengorganisasian materi pelayanan
  3. Pemilihan instrumen dan media
  4. Strategi pelayanan
  5. Waktu dan biaya
  6. Rencana evaluasi dan tindak lanjut

4

8

8

8

4

4

Mengumpulkan program

semesteran dan program tahunan

  1. Program semesteran bimbingan dan  konseling
  2. Program tahunan bimbingan dan konseling

2

2

Jumlah Skor

40

Catatan:

Kumpulkan  lima buah  Program  Pelayanan Bimbingan dan Konseling  (PPBK) yang  mencakup

RPPBK dinilai oleh asesor dengan menggunakan  Instrumen Penilaian RPPBK

(halaman 37-38) dan dihitung skor reratanya.

  1. Pelaksanaan Pembelajaran
Mengumpulkan dokumen hasil

penilaian oleh kepala sekolah

dan/atau pengawas tentang

pelaksanaan pembelajaran

Aspek yang dinilai

Skor maks

1.  Prapembelajaran (pengecekan kesiapan  kelas dan

apersepsi)

2.  Kegiatan inti:

•  penguasaan materi

•  strategi pembelajaran

•  pemanfaatan media/sumber belajar

•  evaluasi

•  penggunaan bahasa

3.  Penutup (refleksi, rangkuman, dan tindak lanjut)

10

100

10

Khusus untuk Guru Bimbingan dan konseling atau Konselor

b. Pelaksanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Laporan

pelaksanaan

program pelayanan

bimbingan dan

konseling

Aspek yang dinilai

Skor maks
  1. 1. Agenda kerja guru bimbingan dan  konseling (konselor)
  2. 2. Daftar konseli (siswa)

3. Data kebutuhan dan permasalahan  konseling

4.  Laporan bulanan

5.  Laporan semesteran/tahunan

  1. 6. Aktivitas pelayanan bimbingan dan   konseling:

a.  Pemahaman (antara lain: sosiometri, kunjungan rumah,

b.  Pelayanan Langsung (antara lain:  konseling individual,

konseling kelompok, konsultasi,  bimbingan kelompok, bimbingan

klasikal, referal

c.  Pelayanan tidak langsung (antara lain: papan bimbingan, kotak

masalah, bibliokonseling, audiovisual, audio,  media cetak:

liflet, buku saku

7.  Laporan hasil evaluasi program, proses, dan produk bimbingan

dan konseling,  sertatindak lanjutnya

5

5

10

5

5

20

40

15

15

120

Laporan  Pelaksanaan  Program  Pelayanan  Bimbingan  dan  Konseling  dinilai oleh  asesor  dengan  menggunakan  Instrumen  Penilaian  sebagaimana tercantum pada halaman 42-44.

5.  Penilaian dari atasan dan pengawas

Bukti

Aspek yang dinilai

Skor maks

Dokumen hasil

penilaian oleh

atasan dan/atau

pengawas tentang

kompetensi

kepribadian dan

kompetensi sosial

1.  Ketaatan menjalankan ajaran agama

2.  Tanggung jawab

3.  Kejujuran

  1. Kedisiplinan

5.  Keteladanan

6.  Etos kerja

7.  Inovasi dan kreativitas

8.  Kemampuan menerima kritik dan saran

9.  Kemampuan berkomunikasi

10.  Kemampuan bekerja sama

5

5

5

5

5

5

5

5

5

5

50

Catatan:

Jika komponen  ini dinilai oleh dua penilai, yaitu atasan dan pengawas, maka skor komponen ni adalah rerata dari keduanya.

Dalam kondisi tertentu terkait faktor gegrafis, penilaian dapat dilakukan hanya oleh atasan.

6.  Prestasi Akademik

a. Lomba dan karya akademik

Prestasi

Tingkat*

Skor

Bukti juara lomba karya akademik

yang relevan dengan bidang studi/

keahliannya

Internasional

Nasional

Provinsi

Kabupaten/Kota

Kecamatan

60

40

30

20

10

Menemukan karya monumental Pendidikan

Nonpendidikan

60

40

Sertifikat keahlian/keterampilan

(Guru SMK, Guru OR)

Internasional

Nasional

Regional

30

20

10

Capaian skor TOEFL Lebih dari 500

Lebih dari 450 – 500

400 – 450

30

20

10

* Yang dimaksud juara adalah juara I, II, dan III. Kejuaraan dinilai pada setiap kegiatan (event).

b. Pembimbingan kepada teman sejawat / siswa

Jenis Pembimbingan teman

sejawat/ siswa

Skor

Instruktur Tingkat Nasional       : 40 per kegiatan

Tingkat Provinsi        : 30 per kegiatan

Tingkat Kab/Kota      : 20 per kegiatan

Guru Inti/Tutor/Pemandu

20 per periode kegiatan

Pembimbing guru yunior atau

Pamong PPL calon guru

1 – 4 orang per semester           : 10

5 – 8 orang per semester           : 15

Lebih dari 8 orang per semester: 20

Pembimbingan siswa dalam

berbagai lomba/karya sampai

meraih juara (juara I, II, III)

Tingkat

R

KR

Internasional

40

25

Nasional

25

16

Provinsi

20

13

Kabupaten/Kota

15

10

Kecamatan

10

7

Pembimbingan siswa dalam

berbagai lomba/karya tidak

mencapai juara

Relevan                              : 3 per kegiatan

Kurang relevan                  : 2 per kegiatan

Tidak relevan                     : tidak dinilai

Catatan:

Jenis  pembimbingan  teman  sejawat  sebagai  instruktur,  guru  inti,  guru pemandu,  atau  tutor diakui  (diberi  skor)  apabila  guru  yang  bersangkutan telah  memiliki  hak  untuk  tugas  tersebut

yang  dibuktikan  dengan  pernah mengikuti dan memiliki sertifikat training of trainer (TOT).

7.  Karya Pengembangan Profesi

Jenis Dokumen / Karya

Publikasi

Skor

Relevan

Tidak relevan

a. Buku* Nasional 50 35
Provinsi 40 25
Kabupaten/Kota 30 15
b. Artikel Jurnal Terakreditasi 25 20
Jurnal tidak terakreditasi 10 8
Majalah/Koran nasional 10 8
Majalah/Koran local 5 3
c.  Menjadi reviewer buku, penyunting buku, penyunting jurnal,

penulis soal EBTANAS/UN/UASDA

2 per kegiatan
d.Modul/Diktat dicetak

lokal (Kab/Kota)

Minimal mencakup materi 1 semester, skor maksimal 20**)
e.  Media/Alat

pembelajaran

Setiap membuat satu media/alat pembelajaran diberi skor 5
f.  Laporan penelitian

di bidang pendidikan

Setiap satu laporan diberi skor maksimal 15***)

Sebagai ketua 60% dan anggota 40%

g.  Karya teknologi

(TTG) dan karya

seni (patung, kriya,

lukis, sastra,

musik, tari, dll)

Setiap karya diberi skor maksimal 15****)

Catatan:

*)   Buku publikasi nasional adalah buku yang dipakai secara nasional dan Ber-ISBN  dan  ditetapkan

oleh  BSNP  sebagai  buku  standar;  publikasi provinsi  adalah  buku  ber-ISBN;  publikasi  kab/kota

adalah  buku  yang tidak ber-ISBN.

**)   Penskoran mempertimbangkan kualitas modul/diktat.

***)   Penskoran  mempertimbangkan kualitas  laporan yang meliputi aspek masalah, telaah teoretik,

  1. Laporan penelitian mandiri/sebagai  ketua  yang  dinilai

maksimal  3  laporan per tahun.

****)  Penskoran  mempertimbangkan   kualitas,  karya   teknologi mempertimbangkan  manfaat, dan

karya  seni  mempertimbangkan estetika.

8.  Keikutsertaan dalam forum ilmiah

Tingkat

Relevan

Tidak Relevan

Pemakalah

Peserta

Pemakalah

Peserta

Internasional

50

10

25

5

Nasional

40

8

20

4

Provinsi

30

6

15

3

Kabupaten/Kota

20

4

10

2

Kecamatan

10

2

5

1

9.  Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial

a. Pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial

Tingkat Organisasi

Skor per tahun

Kependidikan

Sosial

Internasional

10

7

Nasional

7

5

Provinsi

5

4

Kabupaten/Kota

4

3

Kecamatan

3

2

Desa/Kelurahan

2

1

  1. Tugas Tambahan

Tugas Tambahan

Skor per tahun

Kepala sekolah

4

Wakil kepala sekolah/ketua jurusan/kepala lab/

kepala bengkel/kepala klinik rehabilitasi/wali kelas*)

2

Pembina kegiatan ekstra kuriluler (pramuka,

  1. drumband, mading, KIR, dsb.)

1

*) Guru kelas SD diakui sebagai wali kelas.

10.  Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan

Tingkat

Skor

Internasional

Nasional

Provinsi

Kabupaten/Kota

Kecamatan

Kelurahan/satuan pendidikan

30

20

10

5

2

1

Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan

Setiap tahun 10

*)  Daerah  khusus  adalah  daerah  yang  terpencil  atau  terbelakang;  daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil; daerah perbatasan dengan negara  lain;  daerah  yang mengalami

bencana  alam,  bencana  sosial,  atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.

KETENTUAN KELULUSAN

  1. Unsur Kualifikasi dan Tugas Pokok

Unsur kualifikasi dan tugas pokok terdiri atas tiga komponen, yaitu:

  1. Kualifikasi akademik
  2. Pengalaman mengajar
  1. Unsur Pengembangan Profesi

Unsur pengembangan profesi terdiri atas empat komponen, yaitu:

1.  Pendidikan dan pelatihan

2.  Penilaian dari atasan dan pengawas

3.  Prestasi akademik

4.  Karya pengembangan profesi

Total skor unsur B minimal 300, khusus untuk guru yang ditugaskan pada daerah khusus minimal 200,

  1. Unsur Pendukung Profesi

Unsur pendukung profesi terdiri atas tiga komponen, yaitu:

1.  Keikutsertaan dalam forum ilmiah

2.  Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial

3.  Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan

Pengisian Instrumen Portofolio

  1. Identitas  guru  peserta  sertifikasi, meliputi:   nomor  peserta,  nama  (lengkap  dengan  gelar  akademik), NUPTK,  NIP/NIK,  pangkat/golongan, masa  kerja      sebagai  guru,  jenis kelamin,  tempat  tanggal  lahir,  pendidikan  terakhir/program  studi, bidang studi/mata pelajaran/guru kelas, beban mengajar per minggu, sekolah  tempat  tugas  (nama

sekolah,     alamat  sekolah, kecamatan, kabupaten/kota,  provinsi,  nomor  telepon  sekolah,  nomor  statistik sekolah). Pangkat dan golongan bagi guru non-PNS mengikuti aturan yang  telah      ditetapkan. Halaman  identitas  ini ditandatangani oleh penyusun  dan  disahkan  oleh  Kepala  Sekolah  dan  Pengawas Pendidikan setelah portofolio selesai disusun.

  1. Daftar  isi  ini memuat nama

komponen dan nomor halaman.

  1. Peserta sertifikasi  mengisi  tabel  tersebut  dengan  cara        menuliskan  jenis

dokumen portofolio  sesuai dengan pengelompokan  komponen  yang dimiliki  secara  jujur  dan    bertanggung  jawab.  Peserta  harus melampirkan bukti fisik berupa dokumen dan/atau hasil karya sesuai

  1. Foto  kopi  ijazah/akta mengajar harus

dilegalisasi  oleh  perguruan  tinggi  yang  bersangkutan.  Untuk foto kopi ijazah luar negeri harus disertai

foto kopi surat keterangan akreditasi yang dilegalisasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

  1. Bagian  penutup  ini  berisi  pernyataan  peserta  sertifikasi guru  tentang  jaminan keaslian

dokumen  portofolio  dan  tidak melanggar  etika  profesi  dalam membuat  dan  atau   memperolehnya.

Pernyataan  tersebut  juga  berisi  kesanggupan menerima  sanksi  atas pelanggaran yang terkait dengan

hak cipta, apabila di kemudian hari terbukti melakukan pelanggaran.

Penyusunan Portofolio

Bukti  fisik  atau  dokumen  portofolio  disusun  dengan  urutan  sebagai berikut.

1.  Halaman sampul

  1. Daftar isi

3.  Instrumen  portofolio,  yang  meliputi:  (a)  identitas  peserta  dan pengesahan, dan

(b) komponen      portofolio yang telah diisi.

4.  Bukti  fisik  atau  dokumen  portofolio  meliputi  komponen  sebagai berikut.

  1. Kualifikasi Akademik
  2. Pendidikan dan Pelatihan
  3. Pengalaman Mengajar
  4. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
  5. Penilaian dari Atasan dan Pengawas
  6. Prestasi Akademik
  7. Karya Pengembangan Profesi
  8. Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah
  9. Pengalaman  Menjadi  Pengurus  Organisasi  di  Bidang Kependidikan dan Sosial
  10. Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan

Hal-hal  yang  perlu  diperhatikan  dalam  penyusunan  portofolio  adalah sebagai berikut.

1.  Setiap  bukti  fisik  hanya  boleh  digunakan  untuk  satu  komponen portofolio.

2.  Bukti  fisik  yang  dilampirkan  untuk  komponen  2  (pendidikan  dan pelatihan)  dan

komponen  8      (keikutsertaan  dalam  forum ilmiah) adalah sertifikat/piagam asli dan foto kopi yang

telah dilegalisasi oleh atasan langsung.

3.  Setiap  bukti  diberi  kode  di  pojok  kanan  atas,  sesuai  dengan penomoran pada instrumen

portofolio   (contoh terlampir).

4.  Setiap  pergantian  komponen  portofolio  diberi  lembar  tabel komponen  yang  sesuai  dengan

kertas   berwarna  sekaligus  sebagai kertas pembatas

5.  Dokumen portofolio dibendel  (dijilid) dan dibuat  rangkap dua. Pada bendel  pertama,  bukti  fisik

untuk  komponen  2  dan  komponen  8 berupa  sertifikat/piagam  asli,  sedangkan      bukti  fisik  pada

bendel   kedua semua foto kopi yang sudah dilegalisasi oleh atasan langsung.

Contoh Sampul/Cover Dokumen Portofolio

DOKUMEN PORTOFOLIO

Disusun Oleh:

(NAMA GURU)

(NAMA SEKOLAH)

KABUPATEN  GARUT

PROVINSI  JAWA  BARAT

2009

Contoh Daftar Isi

DAFTAR ISI

Hal

DAFTAR ISI    …………………………………………………………………………………                   ….

INSTRUMEN PORTOFOLIO YANG TELAH DIISI   ……………………………………..

  1. Halaman Identitas dan Pengesahan    ………………………………………………………
  1. Komponen Portofolio            ……………………………………………………………….

BUKTI FISIK (DOKUMEN PORTOFOLIO)   ………………………………………………

  1. Kualifikasi Akademik            ……………………………………………………………….
  1. Pendidikan dan Pelatihan       ………………………………………………………………..
  1. Pengalaman Mengajar          ……………………………………………………………….
  1. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran ………………………………………………
  1. Penilaian dari Atasan dan Pengawas              ………………………………………………
  1. Prestasi Akademik                ………………………………………………………………..
  1. Karya Pengembangan Profesi           ……………………………………………………….
  1. Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah                 ………………………………………………
  1. Pengalaman Menjadi Pengurus Organisasi di Bidang               …………………………….

Kependidikan dan Sosial

  1. Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan          ……………………………..

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

Garut, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

1. Kualifikasi akademik

NO

JENJANG

NAMA SEKOLAH/

PERG. TINGGI

FAKULTAS

JURUSAN/PRODI

TAHUN LULUS

SKOR

(diisi Penilai)

a

SLTA

b

D I

c

D II

d

D III

e

D IV

f

S 1

g

S 2

h

S 3

2.  Pendidikan dan Pelatihan

NO

NAMA/JENIS

DIKLAT

TEMPAT

WAKTU PELAKSANAAN

(…  jam)

PENYELENGGARA

SKOR

(diisi Penilai)

a

b

c

d

e

f

g

h

I

J

3. Pengalaman Mengajar

NO

NAMA SEKOLAH

BIDANG STUDI/

GURU KELAS

LAMA MENGAJAR

( mulai tahun ……. s.d tahun …….)

a

b

c

d

e

f

Kumulatif lama mengajar: ……………………….. tahun;  skor: ……….

(diisi penilai)

Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor

NO

NAMA SEKOLAH

LAMA MEMBERIKAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN

KONSELING

(mulai tahun ……… s.d tahun ………)

a

b

c

d

e

f

Kumulatif lama memberikan layanan: ……………………….. tahun;

skor: ………………..   (diisi penilai)

4.  Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran

  1. Perencanaan Pembelajaran

NO

MATA PELAJARAN

MATERI/KOMPETENSI

SEMESTER

TAHUN

SKOR

(diisi Penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

Rata-rata skor

…………

  1. Pelaksanaan Pembelajaran

Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor

a. Perencanaan Program Pelayanan  Bimbingan dan Konseling

NO

JENIS PROGRAM

BIDANG

PELAYANAN

SEMESTER

TAHUN

SKOR

(diisi Penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

Rata-rata skor

…………

  1. Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling

  1. Penilaian dari atasan dan pengawas

6. Prestasi Akademik

a.  Lomba karya akademik

No

Nama Lomba/

Kejuaraan

Waktu

Pelaksanaan

Tingkat*)

Penyelenggara

Skor

(diisi penilai)

b.  Karya monumental

No

Nama /Jenis

Karya*)

Bulan/Tahun

Dihasilkan

Wilayah

Pengguna/Kebermanfaatan/

Sosialisasi**)

Skor

(diisi penilai)

c.  Sertifikat Keahlian/Keterampilan dan/atau capaian skor TOEFL

No

Nama Sertifikat

Keahlian*)

Waktu

Perolehan

Tingkat*)

Lembaga Yg

Mengeluarkan

Skor

(diisi penilai)

d.  Pembimbingan teman sejawat

No

Mata Pelajaran/

Bidang Studi

Instruktur/Guru

Inti/Tutor/Pemandu/

Pembimbing Guru

Yunior/Pamong PPL

Tempat

Skor

(diisi penilai)

e.  Pembimbingan siswa

No

Nama Kejuaraan

Tingkat

Tempat dan Waktu

Skor

(diisi penilai)

No

Nama Kegiatan

Tempat

Lama (Waktu

Pembimbingan)

Skor

(diisi penilai)

7.  Karya Pengembangan Profesi

a. Karya Tulis

No

Judul

Janis *)

Penerbit

Tahun Terbit

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

b. Penelitian

No

Judul

Tahun

Sumber Dana

Status

(Ketua/Anggota)

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

5)

c. Reviewer buku, penyunting buku, penyunting jurnal,

dan/atau penulissoal EBTANAS/UN/UASDA

No

Nama Kegiatan

Tahun

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

  1. Media/Alat Pembelajaran

No

Jenis Media/Alat

Tahun

Sumber Dana

Status

(Ketua/Anggota)

Skor

(diisi penilai)

e. Karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni

(patung, kriya,  lukis, sastra, musik, suara, tari, dan karya seni lainnya)

No.

Nama Karya

Tahun

Deskripsi Singkat Tentang

Karya Yang Dihasilkan

Skor

(diisi penilai)

8.   Keikutsertaan dalam forum ilmiah

No

Jenis Kegiatan

Tahun

Peran*)

Tingkat

(Inter/Nas/Lokal)

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

9. Pengalaman menjadi pengurus organisasi

di bidang kependidikan dan sosial

a. Pengalaman Organisasi

No

Nama Organisasi

Tahun

Jabatan*)

Tingkat

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

b. Pengalaman Mendapat Tugas Tambahan

No

Jabatan

Tahun

Nama Sekolah

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

10. Penghargaan yang relevan dengan

bidang pendidikan

a. Penghargaan

No

Jenis Penghargaan

Pemberi Penghargaan

Tingkat*)

Tahun

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

b. Penugasan Di Daerah Khusus

No

Lokasi

Jenis Daerah

Khusus

Lama Bertugas

(Mulai Th ….. s/d Th …..)

Skor

(diisi penilai)

1)

2)

3)

4)

Dengan  ini  saya menyatakan bahwa pernyataan dan  dokumen di dalam portofolio  ini

benar-benar hasil  karya  saya  sendiri, dan  jika di  kemudian hari  ternyata  pernyataan  dan

dokumen  saya  tidak  benar,  saya  bersedia menerima  sanksi  dan  dampak  hukum  sesuai

peraturan  perundang-undangan yang berlaku.

Garut, ………………. 2009

Peserta sertifikasi,

(…………………………………)

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Oleh Penilai (Asesor)

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

…..…………, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah  skor  pada  butir-butir  perencanaan  pembelajaran  dengan  cara  melingkari  angka pada

kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1  =  sangat tidak baik

2  =  tidak baik

3  =  kurang baik

4  =  baik

5  =  sangat baik

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan

penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar)

1    2    3    4    5

2

Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta

didik)

1    2    3    4    5

3

Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan

kesesuaian dengan alokasi waktu)

1    2    3    4    5

4

Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)

1    2    3    4    5

5

Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan

pembelajaran : awal, inti, dan penutup)

1    2    3    4    5

6

Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin

strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)

1    2    3    4    5

7

Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran

1    2    3    4    5

8

Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)

1    2    3    4    5

Skor Total

…………….

……………, ………………………… 2009

Penilai,

( …………………………………)

NIP/NIK

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

DALAM JABATAN

Penilaian Perencanaan Program Pelayanan

Bimbingan dan Konseling

Oleh Penilai (Asesor)

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

…..…………, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah  skor  pada  butir‐butir  perencanaan  pembelajaran  dengan  cara  melingkari  angka

pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1  =  sangat tidak baik

2  =  tidak baik

3  =  kurang baik

4  =  baik

5  =  sangat baik

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

Kejelasan perumusan tujuan pelayanan bimbingan dan konseling (tidak

menimbulkan penafsiran ganda dan mengarah ke kemandirian konseli)

1    2    3    4    5

2

Pemilihan dan pengorganisasian materi pelayanan bimbingan dan

konseling (sesuai dengan tujuan dan karakteristik konseli)

1    2    3    4    5

3

Pemilihan instrumen dan media pelayanan bimbingan dan konseling

(sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik konseli)

1    2    3    4    5

4

Pemilihan strategi pelayanan  bimbingan dan konseling (ketepatan

skenario pelayanan bimbingan dan konseling: langkah-langkahnya

fleksibel)

1    2    3    4    5

5

Waktu dan biaya (ketepatan dan kecukupan waktu dan biaya)

1    2    3    4    5

6

Rencana evaluasi dan tindak lanjut (tindaklanjutnya sejalan dengan

hasil evaluasi dan mampu mencapai tujuan)

1    2    3    4    5

7

Program semesteran bimbingan dan konseling (sistematis dan lengkap)

1    2    3    4    5

8

Program tahunan bimbingan dan konseling (sistematis dan lengkap)

1    2    3    4    5

Skor Total

………………

Petunjuk skoring setiap perencanaan PPBK:

  1. Skor mentah (Sm) = Tentukan skor setiap butir
  2. Skor tertimbang (St)= Skor butir kalikan dengan bobot skor
  3. Skor akhir (Sa) = Jumlah skor tertimbang dibagi 40

……………., ………………2009

Penilai,

(……………………………………….)

NIP/NIK

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran

oleh

Kepala Sekolah dan Pengawas

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

…..…………, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah skor pada butir‐butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka

pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = kurang baik

4 = baik

5 = sangat baik

No

Indikator/Aspek yang diamati

Skor

I

PEMBELAJARAN

1

Mempersiapkan siswa untuk belajar

1    2    3    4    5

2

Melakukan kegiatan apersepsi

1    2    3    4    5

II

KEGIATAN PEMBELAJARAN

A

Penguasaan materi pelajaran

3

Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran

1    2    3    4    5

4

Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan

1    2    3    4    5

5

Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dankarakteristik siswa

1    2    3    4    5

6

Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan

1    2    3    4    5

B

Pendekatan/Strategi pembelajaran

7

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakaterstik siswa

1    2    3    4    5

8

Melaksanakan pembelajaran secara runtut

1    2    3    4    5

9

Menguasai kelas

1    2    3    4    5

10

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual

1    2    3    4    5

11

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya

kebiasaan positif

1    2    3    4    5

12

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang

direncanakan

1    2    3    4    5

C

Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran

13

Menggunakan media secara efektif dan efisien

1    2    3    4    5

14

Menghasilkan pesan yang menarik

1    2    3    4    5

15

Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media

1    2    3    4    5

No

Indikator/Aspek yang diamati

Skor

D

Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa

16

Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran

1    2    3    4    5

17

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa

1    2    3    4    5

18

Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar

1    2    3    4    5

E

Penilaian proses dan hasil belajar

19

Memantau kemajuan belajar selama proses

1    2    3    4    5

20

Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)

1    2    3    4    5

F

Penggunaan bahasa

21

Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar

1    2    3    4    5

22

Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

1    2    3    4    5

III

PENUTUP

23

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa

1    2    3    4    5

24

Melaksanakan tindak lanjut  dengan memberikan arahan, atau kegiatan,

atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan

1    2    3    4    5

Skor Total

…………..

Dengan  ini  saya  menyatakan  bahwa  penilaian  yang  saya  lakukan  sesuai dengan  kondisi  peserta

yang  sebenarnya,  dan  apabila  di  kemudian  hari  ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia

mempertanggungjawabkannya.

……………………, ……………..

Penilai,                                                                                              Penilai,

(………………………………………….)                                                        (…………………………………………)

NIP/NIK                                                                                             NIP/NIK

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING

DALAM JABATAN

Penilaian Pelaksanaan Program Pelayanan

Bimbingan dan Konseling

Oleh Penilai (Asesor)

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

…..…………, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah  skor  pada  butir‐butir  pelaksanaan  program  pelayanan  bimbingan  dan konseling dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5)  sesuai dengan kriteria

sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik

2 = tidak baik

3 = kurang baik

4 = baik

5 = sangat baik

No

Indikator/Aspek yang diamati

Skor

1

Agenda kerja guru bimbingan dan konseling (konselor) (lengkap,

relevan)

1    2    3    4    5

2

Daftar konseli (siswa) (jumlah, peta permasalahan, waktu pelayanan,

jenis pelayanan)

1    2    3    4    5

3

Data kebutuhan dan permasalahan konseli

1    2    3    4    5

a. Hasil amatan langsung konselor

1    2    3    4    5

  1. Hasil penggunaan instrumen (tes dan non tes)

1    2    3    4    5

4

Laporan bulanan (sistemantis, lengkap)

1    2    3    4    5

5

Laporan semesteran/tahunan (sistemantis, lengkap)

1    2    3    4    5

6

Aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling

  1. Pemahaman

1) Catatan anekdot (ada, lengkap, bermakna)

1    2    3    4    5

2) Kunjungan rumah (prosedural, lengkap, bermakna)

1    2    3    4    5

3) Konferensi kasus (prosedural, lengkap, bermakna)

1    2    3    4    5

4) Sosiometri (ada sosiogram, analisis, dan tindak lanjut)

1    2    3    4    5

  1. b.Pelayanan Langsung

1) Konseling individual

1    2    3    4    5

2) Konseling kelompok

1    2    3    4    5

3) Konsultasi

1    2    3    4    5

4) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas)

1    2    3    4    5

5) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas)

1    2    3    4    5

6) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas)

1    2    3    4    5

7) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas)

1    2    3    4    5

8) Referal

1    2    3    4    5

No

Indikator/Aspek yang diamati

Skor

  1. Pelayanan Tidak Langsung (pilih tiga dari pelayanan sebagai berikut:

papan bimbingan, kotak masalah, bibliokonseling, audiovisual,

audio, media cetak: liflet, buku saku)

1) …………………………………….. (lengkap dan bermakna)

1    2    3    4    5

2) …………………………………….. (lengkap dan bermakna)

1    2    3    4    5

3) …………………………………….. (lengkap dan bermakna)

1    2    3    4    5

7

Laporan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling serta tindak

lanjutnya

  1. Evaluasi  proses dan produk (lengkap, kesesuaian antar komponen

dalam program)

  1. Analisis  dan pengambilan keputusan (tepat dan akurat)

c. Tindak lanjut (jelas, realistik, tepat)

Total Skor

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta

yang  sebenarnya,  dan  apabila  di  kemudian  hari  ternyata  pernyataan  saya tidak benar,

saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

………..,……………..2009

Penilai                                                                                                Penilai,

(………………………………)                                                                  ( ………………………….)

NIP/NIK                                                                                          NIP/NIK

INSTRUMEN

SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN

Penilaian dari Atasan dan Pengawas

IDENTITAS PESERTA

1  Nomor  Peserta                                            :

2  Nama (Lengkap dgn gelar akademik)            : ……………………………………………………….

3  Pola Sertifikasi guru *)                                  : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung

4  Bidang Studi yang Disertifikasi                      : ……………………………………………………….

5  NUPTK                                                       : ……………………………………………………….

6  NIP                                                              : ……………………………………………………….

7  Pangkat/Golongan (Khusus PNS)                 : ……………………………………………………….

8  Masa Kerja sebagai Guru                             : ……… Tahun …….. Bulan

9  Jenis Kelamin *)                                           : L / P

10  Tempat, Tanggal Lahir                                : ……………………………………………………….

11  Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….

  1. Tempat Tugas*)           : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB

13  Mata Pelajaran/Guru Kelas **)                   : ……………………………………………………….

  1. 14. Beban Kerja per Minggu                            : ……… Jam tatap muka /………. siswa

15  Tugas Tambahan                                        : ……………………………………………………….

16  Sekolah Tempat Tugas ***)

  1. Nama Sekolah                                       : ……………………………………………………….
  2. Alamat Sekolah                         : ……………………………………………………….

……………………………………………………….

  1. Kecamatan                                           : ……………………………………………………….
  2. Kabupaten/Kota                                   : ……………………………………………………….
  3. Provinsi                                                : ……………………………………………………….
  4. Nomor Telepon Sekolah                       : ……………………………………………………….
  5. Nomor Statistik Sekolah                       : ……………………………………………………….

…..…………, …………………… 2009

Mengetahui

Kepala Dinas Pendidikan                            Kepala Sekolah                                  Peserta

Kabupaten Garut                               …………………………….

………………………………….        ………………………………..        ……………………………….

  1. NIP./NIK.

*)Coret yang tidak perlu

**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran

***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal

LEMBAR PENILAIAN

Petunjuk

Berilah  penilaian  kompetensi  kepribadian  dan  sosial  guru,  dengan  cara  melingkari angka

pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.

1 = sangat tidak baik/sangat rendah                                    4 = baik/tinggi

2 = tidak baik/rendah                                                          5 = sangat baik/sangat tingi

3 = kurang baik/kurang tinggi

No

Aspek yang dinilai

Skor

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran

agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat,

orangKristiani rajin ke gereja, dll.)

1    2    3    4    5

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan,

misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal)

1    2    3    4    5

3

Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: ijin tidak masuk

atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1    2    3    4    5

4

Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai

dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1    2    3    4    5

5

Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi

orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam

tutur kata, berpakaian, dll.)

1    2    3    4    5

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, missal

yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan

mentaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1    2    3    4    5

7

Inovasi dan Kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan

pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan

alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses

pembelajaran di kelas)

1    2    3    4    5

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik

dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan

akomodatif terhadap saran orang lain)

1    2    3    4    5

9

Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan

bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal: dalam

keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1    2    3    4    5

10

Kemampuan bekerjasama

1    2    3    4    5

Skor Total

Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta  yang sebenarnya,  dan  apabila  di  kemudian  hari  ternyata  pernyataan  saya tidak benar,

saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

………………, ……………..2009

Penilai,                                                                                          Penilai,

(………………………………)                                                               (………………………………)

NIP/NIK                                                                                       NIP/NIK

3 respons untuk ‘Format Portofolio Sertifikasi Guru 2009

Tinggalkan Balasan ke budi purwanto,st Batalkan balasan