PANDUAN
PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN (FORMAT A1)
PESERTA SERTIFIKASI GURU TAHUN 2009
- PETUNJUK UMUM
1. Peserta sertifikasi guru dapat menggandakan sendiri Formulir Pendaftaran Format A1.1
/Format A1.2 ini.
2. Formulir Pendaftaran ditulis dengan huruf balok menggunakan balpoin dengan tulisan warna hitam.
- Guru peserta sertifikasi harus meneliti dengan cermat semua identitas yang dituliskan pada Formulir Pendaftaran (Format A1.1/Format A1.2) ini sebelum diserahkan disahkan kepala sekolah dan diserahkan ke dinas pendidikan kab/kota atau dinas pendidikan provinsi untuk guru SLB,
agar tidak terjadi hambatan selama proses sertifikasi guru.
4. Isian Format A1.1/Format A1.2 ini harus sesuai/sama dengan isian pada Cover Portofolio/Dokumen.
5. Format A1.1/Format A1.2 Asli (tulisan peserta) dientri oleh PSG dinas Pendidikan kabupaten/
kota/provinsi, kemudian format tersebut beserta outputnya dari SIM-NUPTK diserahkan ke LPMP.
B. PETUNJUK PENGISIAN
Nomor Peserta
Diisi nomor peserta sertifikasi guru. Nomor peserta diberikan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota atau dinas pendidikan provinsi untuk guru SLB. Guru peserta sertifikasi harus menelitidengan cermat
kebenaran kode tahun, provinsi, kabupaten/kota, jenjang dan bidang studi/mata pelajaran, departemen (depdiknas/Depag), dan nomor urut. Misal Anda peserta sertifikasi guru dengan nomor peserta
09051518010015, tulislah: 09051518010015. Penjelasan nomor peserta tersebut sebagai berikut.
KODE |
DIGIT |
ARTI |
Kode 09 |
1,2 |
Guru peserta sertifikasi tahun 2009 |
Kode 05 |
3,4 |
Guru bertugas di Provinsi Jawa Timur |
Kode 15 |
5,6 |
Guru bertugas di Kabupaten Blitar |
Kode 180 |
7,8,9 |
Guru matematika (bias pada SMP, MTs, SMPLB, SMA, MA, SMALB, SMK, MAK |
Kode 1 |
10 |
Guru pada Depdiknas |
Kode 0015 |
11,12,13,14 |
Nomor urut peserta (sama dengan nomor SK Penetapan Peserta |
Pola Sertifikasi yang Diikuti
Diisi pola sertifikasi yang diikuti oleh peserta, yaitu Penilaian Portofolio atau Pemberian Sertifikat secara
Langsung (coret yang tidak perlu).
Nama Peserta (Lengkap dengan Gelar Akademik)
Diisi nama lengkap (termasuk gelar akademik) guru peserta sertifikasi. Nama harus ditulis sedemikian rupa sehingga cara penulisan (susunan dan ejaan) harus sesuai dengan yang tertulisnama yang tertulis
pada SK Kepangkatan.
Bidang Studi/Mata Pelajaran yang Disertifikasi/Rumpun Kepengawasan
Diisi Bidang Studi/Mata Pelajaran/Bidang Keahlian/Guru Kelas TK/TKLB/SD/SDLB/Rumpun
Kepengawasan yang diikuti dalam program sertifikasi. Isian ini harus sesuai dengan Bidang Studi/
Mata Pelajaran/Bidang Keahlian/Guru Kelas yang berkode (Lampiran 5) dan relevan dengan nomor
peserta. Isian ini amat penting dan akan melekat pada Sertifikat Pendidik.
NUPTK
Dituliskan NUPTK guru peserta sertifikasi. Peserta yang memiliki NUPTK 1038755657300033, tulislah 1038755657300033. Jika guru peserta sertifikasi belum memiliki NUPTK, harus segera mengurus ke
sekolah, dinas pendidikan kab/kota atau dinas pendidikan provinsi bagi guru SLB, dan LPMP. NIP/NIK
Dituliskan NIP guru peserta sertifikasi (bagi PNS) atau NIK (bagi guru bukan PNS) sesuai dengan
SK Pengangkatan sebagai guru. Kosongkan bila guru tidak memiliki NIP/NIK.
Pangkat/Golongan
Dituliskan pangkat/golongan/ruang kepegawaian guru peserta sertifikasi pada saat pendaftaran menjadi
peserta sertifikasi guru.
Masa Kerja sebagai Guru
a. Diisikan masa kerja sebagai guru, baik sebagai PNS maupun Bukan PNS. Jika guru PNS telah
memiliki masa kerja sebagai guru bukan PNS, maka masa kerjanya merupakan gabungan keduanya.
Jika guru sebagai peserta sertifikasi kategori bukan PNS masa kerja dihitung sejak yang bersangkutan
menjadi guru.
- b. Peserta sertifikasi guru tahun 2009, harus memiliki masa kerja sebagai guru minimal 4 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
terbit, yang bersangkutan sudah menjadi guru.
Jenis Kelamin
Dituliskan jenis kelamin guru peserta sertifikasi, Laki-laki atau Perempuan; dicoret yangtidak perlu.
Tempat, Tanggal Lahir
Diisikan tempat dan tanggal lahir guru peserta sertifikasi sesuai dengan identitas pada SK Kepangkatan.
Misal: Blitar, 21 April 1964.
Pendidikan Terakhir/Program Studi
Diisi jenjang pendidikan terakhir yang sudah dicapai dan program studi yang pernah diikuti guru peserta sertifikasi sesuai ijazah yang dimiliki. Misal: S1/Pendidikan Matematika.
Jenis/Jenjang Pendidikan Tempat Tugas/Pengawas Satuan Pendidikan
Dituliskan Jenis/Jenjang Pendidikan Tempat Tugas atau yang menjadi binaan pengawas (TK/SD/SMP/
Beban Kerja Per Minggu
Dituliskan beban kerja per minggu peserta sertifikasi. Penghitungan beban kerja sesuai denganketentuan.
Khusus untuk guru BK diisikan jumlah peserta didik yang dibimbing.Untuk pengawas dituliskan jumlah
beban kerja per minggu kegiatan kepengawasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Tugas Tambahan
Diisi tugas tambahan guru peserta sertifikasi, misal sebagai kepala sekolah, misal kepala sekolah, wakil
kepala sekolah, kepala urusan, ketua jurusan, ketua program keahlian, kepala laboratorium, kepala bengkel, kepala studio, kepala klinik rehabilitasi, wali kelas (guru kelas SD/TK), dan pembina kegiatan ekstra kurikuler (pramuka, drumband, mading, karya IlmiahRemaja-KIR, dll), tidak termasuk kepanitiaan.
Sekolah/Instansi Tempat Tugas
Dituliskan identitas instansi tempat bertugas atau Satminkal (Satuan Administrasi Pangkal) peserta sertifikasi, meliputi: nama sekolah/instansi, alamat sekolah/instansi, Kecamatan, kab/kota, provinsi, nomor
telepon sekolah/instansi, dan khusus untuk peserta sebagai guru dituliskan Nomor Statistik Sekolah (NSS).
Jumlah Sekolah Binaan
Dituliskan jumlah satuan pendidikan (sekolah) yang menjadi binaan pengawas peserta sertifikasi guru.
Pengesahan
- Format A1.1 Asli (tulisan peserta)
o Peserta Sertifikasi diisi nama lengkap guru peserta sertifikasi sesuai yang tertulis pada isian nama
dan ditandatangani oleh peserta yang bersangkutan
o Kepala sekolah, diisi nama sekolah, nama kepala sekolah, ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap/stempel sekolah tempat/satminkal guru bertugas.
o Dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi tidak perlu tanda tangan pada Format A1.1
Asli (tulisan peserta).
- Format A1.1 output SIM-UPTK
o Ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota/Provinsi dan dibubuhi cap/stempel
dinas pendidikan kabupaten/kota. Untuk guru SLB ditandatangani oleh dinas pendidikan provinsi.
o Peserta Sertifikasi (guru) dan kepala sekolah tidak perlu tanda tangan pada Format A1.1
output SIM-UPTK.
- Format A1.2 Asli (tulisan peserta)
o Peserta Sertifikasi diisi nama lengkap pengawas peserta sertifikasi sesuai yang tertulis pada isian
nama dan ditandatangani oleh peserta yang bersangkutan
o Dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi tidak perlu tanda tangan pada Format A1.2 Asli (tulisan peserta).
- Format A1.2 output SIM-UPTK
o Ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kota/Provinsi dan dibubuhi cap/stempel dinas pendidikan kabupaten/kota. Untuk guru SLB ditandatangani oleh dinas pendidikan provinsi.
o Peserta Sertifikasi (pengawas) tidak perlu tanda tangan pada Format A1.2 output SIM-NUPTK.
TATACARA PEMBERIAN NOMOR PESERTA
Nomor peserta meliputi 14 (empat belas) digit dengan ketentuan pemaknaan sebagai berikut.
|
||||||||||||||||||||||||
Digit 1 dan 2,
tahun 2009, “09”
Digit 3 dan 4, Provinsi
(kode lihat lampiran)
Digit 5 dan 6, Kab/Kota
(kode lihat lampiran)
Digit 7, 8, 9, bid. Studi
(kode lihat lampiran)
Digit 10, Departemen
1=Depdiknas, 2=Depag
Digit 11 s.d 14, nomor urut
Pengisian Digit 1 dan 2
Digit 1 dan 2 adalah kode untuk tahun ketika guru menjadi peserta sertifikasi, diisi tahun (dua digit dari belakang). Contoh, guru menjadi peserta sertifikasi tahun 2009, diisi 09.
Pengisian Digit 3 dan 4
Digit 3 dan 4 adalah kode untuk provinsi tempat guru melaksanakan tugas mengajar. Pengisian digit tersebut sesuai dengan Lampiran 4. Contoh, guru melaksanakan tugas mengajardi Provinsi Jawa Timur,
digit tersebut diisi dengan kode 05.
Pengisian Digit 5 dan 6
Digit 5 dan 6 adalah kode untuk kabupaten/kota tempat guru melaksanakan tugas mengajar.Pengisian
digit tersebut sesuai dengan Lampiran 4. Contoh, guru melaksanakan tugas mengajar di Kabupaten
Blitar Provinsi Jawa Timur, digit tersebut diisi dengan kode 15.
Pengisian Digit 7, 8, dan 9
Digit 7, 8, dan 9 adalah kode untuk bidang studi/mata pelajaran/bidang keahlian/guru kelas TK/
TKLB/SD/SDLB yang diikuti dalam program sertifikasi. Pengisian digit tersebut sesuai dengan
Lampiran 5. Contoh, guru melaksanakan tugas mengajar bidang studi matematika SMP diisi dengan
kode 180. Jika peserta sertifikasi adalah guru kelas SD diisi dengan kode 027.
Pengisian Digit 10
Digit 10 diisi dengan kode peserta sertifikasi yang diselenggarakan oleh Depdiknas angka 1, dan oleh
Pengisian Digit 11, 12, 13, dan 14
- Nomor urut tersebut diberikan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota kepada peserta sertifikasi sesuai dengan urutan pada SK Penetapan
Peserta peserta yang mengikuti sertifikasi. Misal, peserta sertifikasi nomor urut 15, digit tersebut
ditulis 0015.
Contoh Nomor Peserta yang Ditulis secara Lengkap:
Peserta sertifikasi tahun 2009 (kode 09), di Provinsi Jawa Timur (Kode 05) Kabupaten Blitar (kode 15), guru SMP pengampu mata pelajaran matematika (kode 180), guru Binaan
Depdiknas (kode 1), sebagai peserta sertifikasi dengan nomor urut 15; maka nomor peserta guru tersebut adalah sebagai berikut: 09051518010015
KODE PROVINSI (DIGIT 3 DAN 4) DAN KABUPATEN/KOTA (DIGIT 5 DAN 6)
Provinsi |
Kode Provinsi |
Kode Kabupaten |
Nama Kabupaten/Kota |
Jawa Barat |
02 |
11 |
Kabupaten Garut |
KODE BIDANG STUDI/MATA PELAJARAN/GURU KELAS/GURU YANG DIANGKAT DALAM
JABATAN PENGAWAS (DIGIT 7, 8, DAN 9)
- GURU MATA PELAJARAN NON KEJURUAN DI SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK*,
DAN SLB (Pengelompokan mata pelajaran berdasarkan permendiknas No. 22 tahun2006 tentang Standar Isi, No. 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan, dan No. 6 tahun 2007
tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru)
No |
Satuan Pendidikan |
Mata Pelajaran/Guru Kelas
|
Kode |
1 |
PAUD/TK/RA | Guru Kelas |
020 |
2 |
SD/MI/SDLB | Guru Kelas |
027 |
3 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Islam |
127 |
4 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Katholik |
130 |
5 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Kristen |
134 |
6 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Hindu |
137 |
7 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Budha |
140 |
8 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Agama Konghucu |
143 |
9 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Seni Budaya |
217 |
10 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
220 |
11 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Bahasa Inggris |
157 |
12 |
SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) |
154 |
13 |
SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Matematika |
180 |
14 |
SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Bahasa Indonesia |
156 |
15 |
SMP/MTs; SMA/MA | Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
224 |
16 |
SMP/MTs; SMA/MA | Keterampilan |
227 |
17 |
SMP/MTs/SMPLB; SMALB | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) |
097 |
18 |
SMP/MTs/SMPLB; SMALB | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
100 |
19 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Biologi |
190 |
20 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Fisika |
184 |
21 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Kimia |
187 |
22 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Ekonomi |
210 |
23 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Sosiologi |
214 |
24 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Antropologi |
215 |
25 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Geografi |
207 |
26 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Sejarah |
204 |
27 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Bahasa Arab |
167 |
28 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Bahasa Jerman |
160 |
29 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Bahasa Perancis |
164 |
30 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Bahasa Jepang |
170 |
31 |
SMA/MA/SMK/MAK* | Bahasa Mandarin |
174 |
32 |
SMK/MAK* | Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) |
330 |
33 |
SMK/MAK* | Kewirausahaan |
331 |
34 |
SMP/MTs/SMPLB; SMA/MA/SMALB/SMK/MAK* | Bimbingan dan Konseling (Konselor) |
810 |
*Hanya untuk kelompok mata pelajaran normatif dan adaptif
- 251/C/KEP/MN/2008 Tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan)
No |
Bidang Studi Keahlian |
Program Studi Keahlian |
Kompetensi Keahlian |
Kode |
1 |
Teknologi dan Rekayasa | Teknik Bangunan | Teknik Konstruksi Baja |
401 |
Teknik Konstruksi Kayu |
402 |
|||
Teknik Konstruksi Batu dan Beton |
403 |
|||
Teknik Gambar Bangunan |
406 |
|||
Teknik Furnitur |
616 |
|||
Teknik Plambing dan Sanitasi | Teknik Plambing dan Sanitasi |
407 |
||
Teknik Survey dan Pemetaan | Teknik Survey dan Pemetaan |
521 |
||
Teknik Ketenagalistrikan | Teknik Pembangkit Tenaga Listrik |
415 |
||
Teknik Distribusi Tenaga Listrik |
417 |
|||
Teknik Transmisi Tenaga Listrik |
414 |
|||
Teknik Instalasi Tenaga Listrik |
617 |
|||
Teknik Otomasi Industri |
618 |
|||
Teknik Pendinginan dan Udara | Teknik Pendinginan dan Tata Udara |
536 |
||
Teknik Mesin | Teknik Pemesinan |
424 |
||
Teknik Pengelasan |
421 |
|||
Teknik Fabrikasi Logam |
422 |
|||
Teknik Pengecoran Logam |
423 |
|||
Teknik Gambar Mesin |
426 |
|||
Teknik Pemeliharaan Mekanik Mesin |
425 |
|||
Teknik Otomotif | Teknik Kendaraan Ringan |
586 |
||
Teknik Sepeda Motor |
587 |
|||
Teknik Perbaikan Bodi Otomotif |
429 |
|||
Teknik Alat Berat |
428 |
|||
Teknik Ototronik |
430 |
|||
Teknologi Tekstil | Teknik Pemintalan Serat Buatan |
484 |
||
Teknik Pembuatan Benang |
485 |
|||
Teknik Pembuatan Kain |
486 |
|||
Teknik Penyempurnaan Tekstil |
590 |
|||
Garmen |
591 |
|||
Teknik Grafika | Persiapan Grafika |
492 |
||
Produksi Grafika |
491 |
|||
Instrumentasi Industri | Teknik Instrumentasi Gelas |
502 |
||
Teknik Instrumentasi Logam |
501 |
|||
Kontrol Proses |
499 |
|||
Kontrol Mekanik |
500 |
|||
Teknik Kimia | Kimia Analisis |
506 |
||
Kimia Industri |
505 |
|||
Teknik Industri | Teknik dan Manajemen Produksi |
592 |
||
Teknik dan Manajemen Pergudangan |
593 |
|||
Teknik dan Manajemen Transportasi |
594 |
|||
Teknik Elektronika | Teknik Audio-Video |
533 |
||
Teknik Elektronika Industri |
534 |
|||
Teknik Mekatronika |
598 |
|||
2 |
Teknologi
Informasi dan Komunikasi |
Teknik Telekomunikasi | Teknik Transmisi Telekomunikasi |
599 |
Teknik Suitsing |
517 |
|||
Teknik Jaringan Akses |
600 |
|||
Teknik Komputer dan
Informatika |
Rekayasa Perangkat Lunak |
524 |
||
Teknik Komputer dan Jaringan |
525 |
|||
Multi Media |
526 |
|||
Animasi |
565 |
|||
Teknik Broadcasting | Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian |
530 |
||
Penyiaran Program Radio |
529 |
|||
3 |
Kesehatan | Kesehatan | Keperawatan |
575 |
Keperawatan Gigi |
577 |
|||
Analisi Kesehatan |
580 |
|||
Farmasi |
582 |
|||
Farmasi Industri |
601 |
|||
Perawatan Sosial | Perawatan Sosial |
602 |
||
4 |
Seni,
Kerajinan, dan Pariwisata |
Seni Rupa | Seni Lukis |
603 |
Seni Patung |
604 |
|||
Desain Komunikasi Visual |
605 |
|||
Desain Produksi Interior dan Landscaping |
606 |
|||
Desain dan Produksi
Kria |
Desain dan Produksi Kria Tekstil |
460 |
||
Desain dan Produksi Kria Kulit |
461 |
|||
Keramik |
462 |
|||
Desain dan Produksi Kria Logam |
463 |
|||
Desain dan Produksi Kria Kayu |
464 |
|||
Seni Pertunjukkan | Seni Musik Klasik |
568 |
||
Seni Musik Non Klasik |
569 |
|||
Seni Tari |
570 |
|||
Seni Karawitan |
571 |
|||
Seni Pedalangan |
572 |
|||
Seni Teater |
573 |
|||
Pariwisata | Usaha Perjalanan Wisata |
607 |
||
Akomodasi Perhotelan |
549 |
|||
Restoran | Tata Boga | Jasa Boga |
608 |
|
Patiseri |
434 |
|||
Tata Kecantikan | Kecantikan Kulit |
437 |
||
Kecantikan Rambut |
438 |
|||
Tata Busana | Busana Butik |
609 |
||
5 |
Agribisnis
dan Agroteknologi |
Agribisnis Produksi Tanaman | Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura |
553 |
Agribisnis Tanaman Perkebunan |
558 |
|||
Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan Tanaman |
560 |
|||
Agribisnis Produksi
Ternak |
Agribisnis Ternak Ruminansia |
445 |
||
Agribisnis Ternak Unggas |
446 |
|||
Agribisnis Aneka Ternak |
610 |
|||
Perawatan Kesehatan Ternak |
611 |
|||
Agribisnis Produksi
Sumberdaya Perairan |
Agribisnis Perikanan |
449 |
||
Agribisnis Rumput Laut |
453 |
|||
Mekanisasi Pertanian | Mekanisasi Pertanian |
612 |
||
Agribisnis Hasil
Pertanian |
Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian |
456 |
||
Pengawasan Mutu |
458 |
|||
Penyuluhan Pertanian | Penyuluhan Pertanian |
613 |
||
Kehutanan | Kehutanan (4 Tahun) |
614 |
||
6 |
Bisnis dan
Manajemen |
Administrasi | Administrasi Perkantoran |
539 |
Keuangan | Akuntansi |
540 |
||
Perbankan |
543 |
|||
Tata Niaga | Pemasaran |
615 |
C. MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL
No |
Satuan Pendidikan |
Mata Pelajaran Muatan Loka |
Kode |
1 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB | Bahasa Daerah |
062 |
2 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB;
SMA/MA/SMALB/SM K/MAK* |
Bila mata pelajaran muatan lokal diisi dengan
mata pelajaran Bahasa, TIK, Keterampilan, Kewirausahaan atau mata pelajaran lainnya yang termasuk mata pelajarannon kejuruan (bagian A) atau mata pelajaran kejuruan (bagian B) maka kode mata pelajarannya disesuaikan dengan kode mata pelajaran non kejuruan atau kejuruan tersebut. |
Lihat kode Mata
pelajaran kejuruan atau non kejuruan yang relevan |
3 |
SD/MI/SDLB; SMP/MTs/SMPLB;
SMA/MA/SMALB/SM K/MAK* |
Mata pelajaran muatan lokal yang diisi dengan
materi ajaryang sesuai dengan potensi daerah yang belum termasuk kelompok mata pelajaran kejuruan (bagian B) |
063 |
- GURU YANG DIANGKAT DALAM JABATAN PENGAWAS
(Berdasarkan Permendiknas No. 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Satuan Pendidikan)
No |
Satuan Pendidikan |
Pengawas Rumpun Mata Pelajaran |
Kode |
1 |
PAUD/TK/RA | Pengawas PAUD/TK/RA |
900 |
2 |
SD/MI | Pengawas SD/MI |
910 |
3
|
SMP/MTs | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) |
911 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
912 |
||
Bahasa |
913 |
||
Olah Raga |
914 |
||
Seni dan Budaya |
915 |
||
4 |
SMA/MA | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) |
921 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
922 |
||
Bahasa |
923 |
||
Olah Raga |
924 |
||
Seni dan Budaya |
925 |
||
5 |
SMK/MAK | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) |
931 |
Ilmu Pengetahuan Sosial |
932 |
||
Bahasa |
933 |
||
Olah Raga |
934 |
||
Seni Budaya |
935 |
||
Teknik dan Industri |
936 |
||
Pertanian dan Kehutanan |
937 |
||
Bisnis dan Manajemen |
938 |
||
Pariwisata |
939 |
||
Kesejahteraan Masyarakat |
940 |
||
Seni dan Kerajinan |
941 |
||
6 |
SDLB/SMPLB/
SMALB |
Pengawas SLB |
950 |
7 |
SD/MI/; SMP
/MTs/SMA/MA/ SMK/MAK* |
Pengawas BK atau Konselor |
953 |
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
1. Kualifikasi akademik
IJAZAH
|
RELEVANSI |
SKOR |
SLTA | Sekolah pendidikan guru mengajar sesuai bidang studi (mapel)* |
50 |
Sekolah kejuruan mengajar sesuai bidang/ rumpun keahlian |
35 |
|
Sekolah menengah umum (termasuk guru yang memiliki ijazah di bawah SLTA) |
30 |
|
D I | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)* |
80 |
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar |
80 |
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)* |
70 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
60 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel) |
50 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar |
50 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
40 |
|
D II | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)* |
100 |
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar |
100 |
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)* |
90 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
80 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel) |
70 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar |
70 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
60 |
|
Sarjana Muda / D III | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)* |
120 |
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar |
120 |
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)* |
110 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
100 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel) |
90 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar |
90 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
80 |
|
S 1 / D IV | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel)* |
150 |
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar |
150 |
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)* |
140 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
130 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi (mapel) |
120 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar |
120 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
110 |
|
S 2 | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
175 |
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel) |
160 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
160 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
145 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
130 |
|
S 3 | Kependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
200 |
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel) |
180 |
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel) |
180 |
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
160 |
|
Nonkependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi |
140 |
Catatan:
* Untuk mata pelajaran produktif di SMK, program keahlian analog dengan bidang studi (mata pelajaran)
-
- Ijazah Guru SD yang diskor 150 hanya untuk S-1 PGSD, skor 140 untuk S-1 Kependidikan lima mata pelajaran pokok di SD (Bahasa Indonesia,
Matematika, PKn, IPS, dan IPA). Skor ijazah S-1, S-2, atau S-3 yang keduadan seterusnya diakui
sebesar 25% dari skor yang ditetapkan dalam rubrik ini.
2. Pendidikan dan Pelatihan
Lama Diklat (Jam Pelatihan) |
Internasional |
Nasional |
Provinsi |
Kab./ Kota |
Kecamatan |
|||||
R |
KR |
R |
KR |
R |
KR |
R |
KR |
R |
KR |
|
> 640 |
60 |
45 |
50 |
40 |
45 |
35 |
40 |
30 |
35 |
25 |
481 – 640 |
55 |
40 |
45 |
35 |
40 |
30 |
35 |
25 |
30 |
20 |
161 – 480 |
45 |
35 |
40 |
30 |
35 |
25 |
30 |
20 |
25 |
15 |
81 – 160 |
40 |
30 |
35 |
25 |
30 |
20 |
25 |
15 |
20 |
10 |
30 – 80 |
35 |
25 |
30 |
20 |
25 |
15 |
20 |
10 |
15 |
7 |
8 – 29 |
30 |
20 |
25 |
15 |
20 |
10 |
15 |
5 |
10 |
3 |
Keterangan:
R : relevan; materi diklat secara langsung meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi
profesional.
KR : kurang relevan; materi diklat mendukung kinerja profesional guru.
- Pendidikan prajabatan atau STPPL sebagai persyaratan untuk
menjadi PNS tidak diperhitungkan.
3. Pengalaman Mengajar
Pengalaman Mengajar |
Skor |
>31 tahun |
220 |
29 – 31 tahun |
205 |
26 – 28 tahun |
190 |
23 – 25 tahun |
175 |
20 – 22 tahun |
160 |
17 – 19 tahun |
145 |
14 – 16 tahun |
130 |
11 – 13 tahun |
115 |
8 – 10 tahun |
100 |
5 – 7 tahun |
85 |
4 tahun |
70 |
Catatan:
- Tugas belajar diperhitungkan dalam pengalaman mengajar.
- Pembulatan pengalaman mengajar: p ≤ 6 bulan dibulatkan ke bawah
(contoh 7 tahun 6 bulan dihitung 7 tahun); p > 6 bulan dibulatkan ke atas
(contoh 7 tahun 7 bulan dihitung 8 tahun).
4. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
- Perencanaan Pembelajaran
Mengumpulkan 5 buah RP/RPP/SP yang berbeda |
Aspek yang dinilai |
Skor maks |
1. Perumusan tujuan pembelajaran
2. Pemilihan materi ajar 3. Pengorganisasian materi ajar 4. Pemilihan sumber /media pembelajaran 5. Kejelasan skenario pembelajaran 6. Kerincian skenario pembelajaran
8. Kelengkapan instrumen penilaian pembelajaran |
5 5 5 5 5 5 5 5 |
Catatan:
Lima RP/RPP/SP dinilai oleh asesor dengan menggunakan Instrumen Penilaian RPP (halaman 35‐36) dan dihitung skor reratanya.
Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling
- Perencanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Mengumpulkan 5
buah Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) |
Aspek yang dinilai |
Bobot Skor |
|
4 8 8 8 4 4 |
|
Mengumpulkan program
semesteran dan program tahunan |
|
2 2 |
Jumlah Skor |
40 |
Catatan:
Kumpulkan lima buah Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) yang mencakup
RPPBK dinilai oleh asesor dengan menggunakan Instrumen Penilaian RPPBK
(halaman 37-38) dan dihitung skor reratanya.
- Pelaksanaan Pembelajaran
Mengumpulkan dokumen hasil
penilaian oleh kepala sekolah dan/atau pengawas tentang pelaksanaan pembelajaran |
Aspek yang dinilai |
Skor maks |
1. Prapembelajaran (pengecekan kesiapan kelas dan
apersepsi) 2. Kegiatan inti: • penguasaan materi • strategi pembelajaran • pemanfaatan media/sumber belajar • evaluasi • penggunaan bahasa 3. Penutup (refleksi, rangkuman, dan tindak lanjut) |
10 100
10 |
Khusus untuk Guru Bimbingan dan konseling atau Konselor
b. Pelaksanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling
Laporan
pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling |
Aspek yang dinilai |
Skor maks |
3. Data kebutuhan dan permasalahan konseling 4. Laporan bulanan 5. Laporan semesteran/tahunan
a. Pemahaman (antara lain: sosiometri, kunjungan rumah, b. Pelayanan Langsung (antara lain: konseling individual, konseling kelompok, konsultasi, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, referal c. Pelayanan tidak langsung (antara lain: papan bimbingan, kotak masalah, bibliokonseling, audiovisual, audio, media cetak: liflet, buku saku 7. Laporan hasil evaluasi program, proses, dan produk bimbingan dan konseling, sertatindak lanjutnya |
5 5 10 5 5
20
40
15
15 |
|
120 |
Laporan Pelaksanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling dinilai oleh asesor dengan menggunakan Instrumen Penilaian sebagaimana tercantum pada halaman 42-44.
5. Penilaian dari atasan dan pengawas
Bukti |
Aspek yang dinilai |
Skor maks |
Dokumen hasil penilaian oleh atasan dan/atau pengawas tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial |
1. Ketaatan menjalankan ajaran agama
2. Tanggung jawab 3. Kejujuran
5. Keteladanan 6. Etos kerja 7. Inovasi dan kreativitas 8. Kemampuan menerima kritik dan saran 9. Kemampuan berkomunikasi 10. Kemampuan bekerja sama |
5 5 5 5 5 5 5 5 5 5 |
50 |
Catatan:
Jika komponen ini dinilai oleh dua penilai, yaitu atasan dan pengawas, maka skor komponen ni adalah rerata dari keduanya.
Dalam kondisi tertentu terkait faktor gegrafis, penilaian dapat dilakukan hanya oleh atasan.
6. Prestasi Akademik
a. Lomba dan karya akademik
Prestasi |
Tingkat* |
Skor |
Bukti juara lomba karya akademik
yang relevan dengan bidang studi/ keahliannya |
Internasional
Nasional Provinsi Kabupaten/Kota Kecamatan |
60 40 30 20 10 |
Menemukan karya monumental | Pendidikan
Nonpendidikan |
60 40 |
Sertifikat keahlian/keterampilan
(Guru SMK, Guru OR) |
Internasional
Nasional Regional |
30 20 10 |
Capaian skor TOEFL | Lebih dari 500
Lebih dari 450 – 500 400 – 450 |
30 20 10 |
* Yang dimaksud juara adalah juara I, II, dan III. Kejuaraan dinilai pada setiap kegiatan (event).
b. Pembimbingan kepada teman sejawat / siswa
Jenis Pembimbingan teman sejawat/ siswa |
Skor |
||
Instruktur | Tingkat Nasional : 40 per kegiatan
Tingkat Provinsi : 30 per kegiatan Tingkat Kab/Kota : 20 per kegiatan |
||
Guru Inti/Tutor/Pemandu |
20 per periode kegiatan |
||
Pembimbing guru yunior atau
Pamong PPL calon guru |
1 – 4 orang per semester : 10
5 – 8 orang per semester : 15 Lebih dari 8 orang per semester: 20 |
||
Pembimbingan siswa dalam
berbagai lomba/karya sampai meraih juara (juara I, II, III) |
Tingkat |
R |
KR |
Internasional |
40 |
25 |
|
Nasional |
25 |
16 |
|
Provinsi |
20 |
13 |
|
Kabupaten/Kota |
15 |
10 |
|
Kecamatan |
10 |
7 |
|
Pembimbingan siswa dalam
berbagai lomba/karya tidak mencapai juara |
Relevan : 3 per kegiatan
Kurang relevan : 2 per kegiatan Tidak relevan : tidak dinilai |
Catatan:
Jenis pembimbingan teman sejawat sebagai instruktur, guru inti, guru pemandu, atau tutor diakui (diberi skor) apabila guru yang bersangkutan telah memiliki hak untuk tugas tersebut
yang dibuktikan dengan pernah mengikuti dan memiliki sertifikat training of trainer (TOT).
7. Karya Pengembangan Profesi
Jenis Dokumen / Karya |
Publikasi |
Skor |
|
Relevan |
Tidak relevan |
||
a. Buku* | Nasional | 50 | 35 |
Provinsi | 40 | 25 | |
Kabupaten/Kota | 30 | 15 | |
b. Artikel | Jurnal Terakreditasi | 25 | 20 |
Jurnal tidak terakreditasi | 10 | 8 | |
Majalah/Koran nasional | 10 | 8 | |
Majalah/Koran local | 5 | 3 | |
c. Menjadi reviewer buku, penyunting buku, penyunting jurnal,
penulis soal EBTANAS/UN/UASDA |
2 per kegiatan | ||
d.Modul/Diktat dicetak
lokal (Kab/Kota) |
Minimal mencakup materi 1 semester, skor maksimal 20**) | ||
e. Media/Alat
pembelajaran |
Setiap membuat satu media/alat pembelajaran diberi skor 5 | ||
f. Laporan penelitian
di bidang pendidikan |
Setiap satu laporan diberi skor maksimal 15***)
Sebagai ketua 60% dan anggota 40% |
||
g. Karya teknologi
(TTG) dan karya seni (patung, kriya, lukis, sastra, musik, tari, dll) |
Setiap karya diberi skor maksimal 15****) |
Catatan:
*) Buku publikasi nasional adalah buku yang dipakai secara nasional dan Ber-ISBN dan ditetapkan
oleh BSNP sebagai buku standar; publikasi provinsi adalah buku ber-ISBN; publikasi kab/kota
adalah buku yang tidak ber-ISBN.
**) Penskoran mempertimbangkan kualitas modul/diktat.
***) Penskoran mempertimbangkan kualitas laporan yang meliputi aspek masalah, telaah teoretik,
- Laporan penelitian mandiri/sebagai ketua yang dinilai
maksimal 3 laporan per tahun.
****) Penskoran mempertimbangkan kualitas, karya teknologi mempertimbangkan manfaat, dan
karya seni mempertimbangkan estetika.
8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah
Tingkat |
Relevan |
Tidak Relevan |
||
Pemakalah |
Peserta |
Pemakalah |
Peserta |
|
Internasional |
50 |
10 |
25 |
5 |
Nasional |
40 |
8 |
20 |
4 |
Provinsi |
30 |
6 |
15 |
3 |
Kabupaten/Kota |
20 |
4 |
10 |
2 |
Kecamatan |
10 |
2 |
5 |
1 |
9. Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial
a. Pengurus organisasi di bidang kependidikan dan sosial
Tingkat Organisasi |
Skor per tahun |
|
Kependidikan |
Sosial |
|
Internasional |
10 |
7 |
Nasional |
7 |
5 |
Provinsi |
5 |
4 |
Kabupaten/Kota |
4 |
3 |
Kecamatan |
3 |
2 |
Desa/Kelurahan |
2 |
1 |
- Tugas Tambahan
Tugas Tambahan |
Skor per tahun |
Kepala sekolah |
4 |
Wakil kepala sekolah/ketua jurusan/kepala lab/
kepala bengkel/kepala klinik rehabilitasi/wali kelas*) |
2 |
Pembina kegiatan ekstra kuriluler (pramuka,
|
1 |
*) Guru kelas SD diakui sebagai wali kelas.
10. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
Tingkat |
Skor |
Internasional
Nasional Provinsi Kabupaten/Kota Kecamatan Kelurahan/satuan pendidikan |
30 20 10 5 2 1 |
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan |
Setiap tahun 10 |
*) Daerah khusus adalah daerah yang terpencil atau terbelakang; daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil; daerah perbatasan dengan negara lain; daerah yang mengalami
bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lain.
KETENTUAN KELULUSAN
- Unsur Kualifikasi dan Tugas Pokok
Unsur kualifikasi dan tugas pokok terdiri atas tiga komponen, yaitu:
- Kualifikasi akademik
- Pengalaman mengajar
- Unsur Pengembangan Profesi
Unsur pengembangan profesi terdiri atas empat komponen, yaitu:
1. Pendidikan dan pelatihan
2. Penilaian dari atasan dan pengawas
3. Prestasi akademik
4. Karya pengembangan profesi
Total skor unsur B minimal 300, khusus untuk guru yang ditugaskan pada daerah khusus minimal 200,
- Unsur Pendukung Profesi
Unsur pendukung profesi terdiri atas tiga komponen, yaitu:
1. Keikutsertaan dalam forum ilmiah
2. Pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial
3. Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
Pengisian Instrumen Portofolio
- Identitas guru peserta sertifikasi, meliputi: nomor peserta, nama (lengkap dengan gelar akademik), NUPTK, NIP/NIK, pangkat/golongan, masa kerja sebagai guru, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, pendidikan terakhir/program studi, bidang studi/mata pelajaran/guru kelas, beban mengajar per minggu, sekolah tempat tugas (nama
sekolah, alamat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nomor telepon sekolah, nomor statistik sekolah). Pangkat dan golongan bagi guru non-PNS mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Halaman identitas ini ditandatangani oleh penyusun dan disahkan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Pendidikan setelah portofolio selesai disusun.
- Daftar isi ini memuat nama
komponen dan nomor halaman.
- Peserta sertifikasi mengisi tabel tersebut dengan cara menuliskan jenis
dokumen portofolio sesuai dengan pengelompokan komponen yang dimiliki secara jujur dan bertanggung jawab. Peserta harus melampirkan bukti fisik berupa dokumen dan/atau hasil karya sesuai
- Foto kopi ijazah/akta mengajar harus
dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Untuk foto kopi ijazah luar negeri harus disertai
foto kopi surat keterangan akreditasi yang dilegalisasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
- Bagian penutup ini berisi pernyataan peserta sertifikasi guru tentang jaminan keaslian
dokumen portofolio dan tidak melanggar etika profesi dalam membuat dan atau memperolehnya.
Pernyataan tersebut juga berisi kesanggupan menerima sanksi atas pelanggaran yang terkait dengan
hak cipta, apabila di kemudian hari terbukti melakukan pelanggaran.
Penyusunan Portofolio
Bukti fisik atau dokumen portofolio disusun dengan urutan sebagai berikut.
1. Halaman sampul
- Daftar isi
3. Instrumen portofolio, yang meliputi: (a) identitas peserta dan pengesahan, dan
(b) komponen portofolio yang telah diisi.
4. Bukti fisik atau dokumen portofolio meliputi komponen sebagai berikut.
- Kualifikasi Akademik
- Pendidikan dan Pelatihan
- Pengalaman Mengajar
- Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
- Penilaian dari Atasan dan Pengawas
- Prestasi Akademik
- Karya Pengembangan Profesi
- Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah
- Pengalaman Menjadi Pengurus Organisasi di Bidang Kependidikan dan Sosial
- Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan portofolio adalah sebagai berikut.
1. Setiap bukti fisik hanya boleh digunakan untuk satu komponen portofolio.
2. Bukti fisik yang dilampirkan untuk komponen 2 (pendidikan dan pelatihan) dan
komponen 8 (keikutsertaan dalam forum ilmiah) adalah sertifikat/piagam asli dan foto kopi yang
telah dilegalisasi oleh atasan langsung.
3. Setiap bukti diberi kode di pojok kanan atas, sesuai dengan penomoran pada instrumen
portofolio (contoh terlampir).
4. Setiap pergantian komponen portofolio diberi lembar tabel komponen yang sesuai dengan
kertas berwarna sekaligus sebagai kertas pembatas
5. Dokumen portofolio dibendel (dijilid) dan dibuat rangkap dua. Pada bendel pertama, bukti fisik
untuk komponen 2 dan komponen 8 berupa sertifikat/piagam asli, sedangkan bukti fisik pada
bendel kedua semua foto kopi yang sudah dilegalisasi oleh atasan langsung.
Contoh Sampul/Cover Dokumen Portofolio
DOKUMEN PORTOFOLIO
Disusun Oleh:
(NAMA GURU)
(NAMA SEKOLAH)
KABUPATEN GARUT
PROVINSI JAWA BARAT
2009
Contoh Daftar Isi
DAFTAR ISI
Hal
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………… ….
INSTRUMEN PORTOFOLIO YANG TELAH DIISI ……………………………………..
- Halaman Identitas dan Pengesahan ………………………………………………………
- Komponen Portofolio ……………………………………………………………….
BUKTI FISIK (DOKUMEN PORTOFOLIO) ………………………………………………
- Kualifikasi Akademik ……………………………………………………………….
- Pendidikan dan Pelatihan ………………………………………………………………..
- Pengalaman Mengajar ……………………………………………………………….
- Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran ………………………………………………
- Penilaian dari Atasan dan Pengawas ………………………………………………
- Prestasi Akademik ………………………………………………………………..
- Karya Pengembangan Profesi ……………………………………………………….
- Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah ………………………………………………
- Pengalaman Menjadi Pengurus Organisasi di Bidang …………………………….
Kependidikan dan Sosial
- Penghargaan yang Relevan dengan Bidang Pendidikan ……………………………..
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
Garut, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
1. Kualifikasi akademik
NO |
JENJANG |
NAMA SEKOLAH/ PERG. TINGGI |
FAKULTAS |
JURUSAN/PRODI |
TAHUN LULUS |
SKOR (diisi Penilai) |
a |
SLTA |
|||||
b |
D I |
|||||
c |
D II |
|||||
d |
D III |
|||||
e |
D IV |
|||||
f |
S 1 |
|||||
g |
S 2 |
|||||
h |
S 3 |
2. Pendidikan dan Pelatihan
NO |
NAMA/JENIS DIKLAT |
TEMPAT |
WAKTU PELAKSANAAN (… jam) |
PENYELENGGARA |
SKOR (diisi Penilai) |
a |
|||||
b |
|||||
c |
|||||
d |
|||||
e |
|||||
f |
|||||
g |
|||||
h |
|||||
I |
|||||
J |
3. Pengalaman Mengajar
NO |
NAMA SEKOLAH |
BIDANG STUDI/ GURU KELAS |
LAMA MENGAJAR ( mulai tahun ……. s.d tahun …….) |
a |
|||
b |
|||
c |
|||
d |
|||
e |
|||
f |
|
Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
NO |
NAMA SEKOLAH |
LAMA MEMBERIKAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (mulai tahun ……… s.d tahun ………) |
a |
||
b |
||
c |
||
d |
||
e |
||
f |
|
4. Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran
- Perencanaan Pembelajaran
NO |
MATA PELAJARAN |
MATERI/KOMPETENSI |
SEMESTER |
TAHUN |
SKOR (diisi Penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
|||||
5) |
|||||
Rata-rata skor |
………… |
- Pelaksanaan Pembelajaran
Khusus untuk Guru Bimbingan dan Konseling atau Konselor
a. Perencanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling
NO |
JENIS PROGRAM |
BIDANG PELAYANAN |
SEMESTER |
TAHUN |
SKOR (diisi Penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
|||||
5) |
|||||
Rata-rata skor |
………… |
- Pelaksanaan Pelayanan Bimbingan dan Konseling
- Penilaian dari atasan dan pengawas
6. Prestasi Akademik
a. Lomba karya akademik
No |
Nama Lomba/ Kejuaraan |
Waktu Pelaksanaan |
Tingkat*) |
Penyelenggara |
Skor (diisi penilai) |
b. Karya monumental
No |
Nama /Jenis Karya*) |
Bulan/Tahun Dihasilkan |
Wilayah Pengguna/Kebermanfaatan/ Sosialisasi**) |
Skor (diisi penilai) |
c. Sertifikat Keahlian/Keterampilan dan/atau capaian skor TOEFL
No |
Nama Sertifikat Keahlian*) |
Waktu Perolehan |
Tingkat*) |
Lembaga Yg Mengeluarkan |
Skor (diisi penilai) |
d. Pembimbingan teman sejawat
No |
Mata Pelajaran/ Bidang Studi |
Instruktur/Guru Inti/Tutor/Pemandu/ Pembimbing Guru Yunior/Pamong PPL |
Tempat |
Skor (diisi penilai) |
e. Pembimbingan siswa
No |
Nama Kejuaraan |
Tingkat |
Tempat dan Waktu |
Skor (diisi penilai) |
|
||||
No |
Nama Kegiatan |
Tempat |
Lama (Waktu Pembimbingan) |
Skor (diisi penilai) |
|
||||
7. Karya Pengembangan Profesi
a. Karya Tulis
No |
Judul |
Janis *) |
Penerbit |
Tahun Terbit |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
|||||
5) |
b. Penelitian
No |
Judul |
Tahun |
Sumber Dana |
Status (Ketua/Anggota) |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
|||||
5) |
c. Reviewer buku, penyunting buku, penyunting jurnal,
dan/atau penulissoal EBTANAS/UN/UASDA
No |
Nama Kegiatan |
Tahun |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||
2) |
|||
3) |
|||
4) |
- Media/Alat Pembelajaran
No |
Jenis Media/Alat |
Tahun |
Sumber Dana |
Status (Ketua/Anggota) |
Skor (diisi penilai) |
e. Karya teknologi (teknologi tepat guna) dan karya seni
(patung, kriya, lukis, sastra, musik, suara, tari, dan karya seni lainnya)
No. |
Nama Karya |
Tahun |
Deskripsi Singkat Tentang Karya Yang Dihasilkan |
Skor (diisi penilai) |
8. Keikutsertaan dalam forum ilmiah
No |
Jenis Kegiatan |
Tahun |
Peran*) |
Tingkat (Inter/Nas/Lokal) |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
9. Pengalaman menjadi pengurus organisasi
di bidang kependidikan dan sosial
a. Pengalaman Organisasi
No |
Nama Organisasi |
Tahun |
Jabatan*) |
Tingkat |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
b. Pengalaman Mendapat Tugas Tambahan
No |
Jabatan |
Tahun |
Nama Sekolah |
Skor (diisi penilai) |
1) |
||||
2) |
||||
3) |
||||
4) |
10. Penghargaan yang relevan dengan
bidang pendidikan
a. Penghargaan
No |
Jenis Penghargaan |
Pemberi Penghargaan |
Tingkat*) |
Tahun |
Skor (diisi penilai) |
1) |
|||||
2) |
|||||
3) |
|||||
4) |
b. Penugasan Di Daerah Khusus
No |
Lokasi |
Jenis Daerah Khusus |
Lama Bertugas (Mulai Th ….. s/d Th …..) |
Skor (diisi penilai) |
1) |
||||
2) |
||||
3) |
||||
4) |
Dengan ini saya menyatakan bahwa pernyataan dan dokumen di dalam portofolio ini
benar-benar hasil karya saya sendiri, dan jika di kemudian hari ternyata pernyataan dan
dokumen saya tidak benar, saya bersedia menerima sanksi dan dampak hukum sesuai
peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Garut, ………………. 2009
Peserta sertifikasi,
|
(…………………………………)
|
INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
Penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Oleh Penilai (Asesor)
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
…..…………, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada
kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
No |
Aspek yang dinilai |
Skor |
1 |
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan
penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar) |
1 2 3 4 5 |
2 |
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta
didik) |
1 2 3 4 5 |
3 |
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi dan
kesesuaian dengan alokasi waktu) |
1 2 3 4 5 |
4 |
Pemilihan sumber/media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik) |
1 2 3 4 5 |
5 |
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan
pembelajaran : awal, inti, dan penutup) |
1 2 3 4 5 |
6 |
Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin
strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap) |
1 2 3 4 5 |
7 |
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran |
1 2 3 4 5 |
8 |
Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran) |
1 2 3 4 5 |
Skor Total
|
……………. |
……………, ………………………… 2009
Penilai,
( …………………………………)
NIP/NIK
|
INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
DALAM JABATAN
Penilaian Perencanaan Program Pelayanan
Bimbingan dan Konseling
Oleh Penilai (Asesor)
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
…..…………, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir‐butir perencanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
No |
Aspek yang dinilai |
Skor
|
1 |
Kejelasan perumusan tujuan pelayanan bimbingan dan konseling (tidak
menimbulkan penafsiran ganda dan mengarah ke kemandirian konseli) |
1 2 3 4 5 |
2 |
Pemilihan dan pengorganisasian materi pelayanan bimbingan dan
konseling (sesuai dengan tujuan dan karakteristik konseli) |
1 2 3 4 5 |
3 |
Pemilihan instrumen dan media pelayanan bimbingan dan konseling
(sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik konseli) |
1 2 3 4 5 |
4 |
Pemilihan strategi pelayanan bimbingan dan konseling (ketepatan
skenario pelayanan bimbingan dan konseling: langkah-langkahnya fleksibel) |
1 2 3 4 5 |
5 |
Waktu dan biaya (ketepatan dan kecukupan waktu dan biaya) |
1 2 3 4 5 |
6 |
Rencana evaluasi dan tindak lanjut (tindaklanjutnya sejalan dengan
hasil evaluasi dan mampu mencapai tujuan) |
1 2 3 4 5 |
7 |
Program semesteran bimbingan dan konseling (sistematis dan lengkap) |
1 2 3 4 5 |
8 |
Program tahunan bimbingan dan konseling (sistematis dan lengkap) |
1 2 3 4 5 |
Skor Total
|
……………… |
Petunjuk skoring setiap perencanaan PPBK:
- Skor mentah (Sm) = Tentukan skor setiap butir
- Skor tertimbang (St)= Skor butir kalikan dengan bobot skor
- Skor akhir (Sa) = Jumlah skor tertimbang dibagi 40
……………., ………………2009
Penilai,
(……………………………………….)
NIP/NIK
|
INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
Penilaian Pelaksanaan Pembelajaran
oleh
Kepala Sekolah dan Pengawas
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
…..…………, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir‐butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
No
|
Indikator/Aspek yang diamati |
Skor |
|
|
|
I |
PEMBELAJARAN |
|
1 |
Mempersiapkan siswa untuk belajar |
1 2 3 4 5 |
2 |
Melakukan kegiatan apersepsi |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
II |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
|
A |
Penguasaan materi pelajaran |
|
3 |
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran |
1 2 3 4 5 |
4 |
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan |
1 2 3 4 5 |
5 |
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dankarakteristik siswa |
1 2 3 4 5 |
6 |
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
B |
Pendekatan/Strategi pembelajaran |
|
7 |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakaterstik siswa |
1 2 3 4 5 |
8 |
Melaksanakan pembelajaran secara runtut |
1 2 3 4 5 |
9 |
Menguasai kelas |
1 2 3 4 5 |
10 |
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual |
1 2 3 4 5 |
11 |
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif |
1 2 3 4 5 |
12 |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
C |
Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran |
|
13 |
Menggunakan media secara efektif dan efisien |
1 2 3 4 5 |
14 |
Menghasilkan pesan yang menarik |
1 2 3 4 5 |
15 |
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media |
1 2 3 4 5 |
|
|
No
|
Indikator/Aspek yang diamati |
Skor |
|
|
|
D |
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa |
|
16 |
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran |
1 2 3 4 5 |
17 |
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa |
1 2 3 4 5 |
18 |
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
E |
Penilaian proses dan hasil belajar |
|
19 |
Memantau kemajuan belajar selama proses |
1 2 3 4 5 |
20 |
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
F |
Penggunaan bahasa |
|
21 |
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar |
1 2 3 4 5 |
22 |
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
III |
PENUTUP |
|
23 |
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa |
1 2 3 4 5 |
24 |
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan,
atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan |
1 2 3 4 5 |
Skor Total |
………….. |
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta
yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia
mempertanggungjawabkannya.
……………………, ……………..
Penilai, Penilai,
(………………………………………….) (…………………………………………)
NIP/NIK NIP/NIK
|
INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
DALAM JABATAN
Penilaian Pelaksanaan Program Pelayanan
Bimbingan dan Konseling
Oleh Penilai (Asesor)
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
…..…………, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah skor pada butir‐butir pelaksanaan program pelayanan bimbingan dan konseling dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria
sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat baik
No |
Indikator/Aspek yang diamati |
Skor
|
1 |
Agenda kerja guru bimbingan dan konseling (konselor) (lengkap,
relevan) |
1 2 3 4 5 |
2 |
Daftar konseli (siswa) (jumlah, peta permasalahan, waktu pelayanan,
jenis pelayanan) |
1 2 3 4 5 |
3 |
Data kebutuhan dan permasalahan konseli |
1 2 3 4 5 |
|
a. Hasil amatan langsung konselor |
1 2 3 4 5 |
|
|
1 2 3 4 5 |
4 |
Laporan bulanan (sistemantis, lengkap) |
1 2 3 4 5 |
5 |
Laporan semesteran/tahunan (sistemantis, lengkap) |
1 2 3 4 5 |
6 |
Aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling |
|
|
|
|
|
1) Catatan anekdot (ada, lengkap, bermakna) |
1 2 3 4 5 |
|
2) Kunjungan rumah (prosedural, lengkap, bermakna) |
1 2 3 4 5 |
|
3) Konferensi kasus (prosedural, lengkap, bermakna) |
1 2 3 4 5 |
|
4) Sosiometri (ada sosiogram, analisis, dan tindak lanjut) |
1 2 3 4 5 |
|
|
|
|
1) Konseling individual |
1 2 3 4 5 |
|
2) Konseling kelompok |
1 2 3 4 5 |
|
3) Konsultasi |
1 2 3 4 5 |
|
4) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas) |
1 2 3 4 5 |
|
5) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas) |
1 2 3 4 5 |
|
6) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas) |
1 2 3 4 5 |
|
7) Bimbingan kelompok/klasikal*) : ……. (isi sesuai berkas) |
1 2 3 4 5 |
|
8) Referal |
1 2 3 4 5 |
No |
Indikator/Aspek yang diamati |
Skor
|
|
papan bimbingan, kotak masalah, bibliokonseling, audiovisual, audio, media cetak: liflet, buku saku) |
|
|
1) …………………………………….. (lengkap dan bermakna) |
1 2 3 4 5 |
|
2) …………………………………….. (lengkap dan bermakna) |
1 2 3 4 5 |
|
3) …………………………………….. (lengkap dan bermakna) |
1 2 3 4 5 |
7 |
Laporan hasil evaluasi program bimbingan dan konseling serta tindak
lanjutnya |
|
|
dalam program) |
|
|
|
|
|
c. Tindak lanjut (jelas, realistik, tepat) |
|
|
Total Skor |
|
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta
yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar,
saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
………..,……………..2009
Penilai Penilai,
(………………………………) ( ………………………….)
NIP/NIK NIP/NIK
|
INSTRUMEN
SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
Penilaian dari Atasan dan Pengawas
IDENTITAS PESERTA
1 Nomor Peserta :
2 Nama (Lengkap dgn gelar akademik) : ……………………………………………………….
3 Pola Sertifikasi guru *) : Penilaian Portofolio/Pemberian Sertifikat Langsung
4 Bidang Studi yang Disertifikasi : ……………………………………………………….
5 NUPTK : ……………………………………………………….
6 NIP : ……………………………………………………….
7 Pangkat/Golongan (Khusus PNS) : ……………………………………………………….
8 Masa Kerja sebagai Guru : ……… Tahun …….. Bulan
9 Jenis Kelamin *) : L / P
10 Tempat, Tanggal Lahir : ……………………………………………………….
11 Pendidikan Terakhir/Program Studi : ……………………………………………………….
- Tempat Tugas*) : TK / SD / SMP / SMA / SMK /SLB
13 Mata Pelajaran/Guru Kelas **) : ……………………………………………………….
- 14. Beban Kerja per Minggu : ……… Jam tatap muka /………. siswa
15 Tugas Tambahan : ……………………………………………………….
16 Sekolah Tempat Tugas ***)
- Nama Sekolah : ……………………………………………………….
- Alamat Sekolah : ……………………………………………………….
……………………………………………………….
- Kecamatan : ……………………………………………………….
- Kabupaten/Kota : ……………………………………………………….
- Provinsi : ……………………………………………………….
- Nomor Telepon Sekolah : ……………………………………………………….
- Nomor Statistik Sekolah : ……………………………………………………….
…..…………, …………………… 2009
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Kepala Sekolah Peserta
Kabupaten Garut …………………………….
…………………………………. ……………………………….. ……………………………….
- NIP./NIK.
*)Coret yang tidak perlu
**)Ditulis nama mapel yang terdaftar pada buku panduan daftar kode mata pelajaran
***) Sekolah pada satuan administrasi pangkal
LEMBAR PENILAIAN
Petunjuk
Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat tidak baik/sangat rendah 4 = baik/tinggi
2 = tidak baik/rendah 5 = sangat baik/sangat tingi
3 = kurang baik/kurang tinggi
No |
Aspek yang dinilai |
Skor
|
1 |
Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran
agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat, orangKristiani rajin ke gereja, dll.) |
1 2 3 4 5 |
2 |
Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan,
misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal) |
1 2 3 4 5 |
3 |
Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: ijin tidak masuk
atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya) |
1 2 3 4 5 |
4 |
Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai
dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal) |
1 2 3 4 5 |
5 |
Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi
orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll.) |
1 2 3 4 5 |
6 |
Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, missal
yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas) |
1 2 3 4 5 |
7 |
Inovasi dan Kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan
pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas) |
1 2 3 4 5 |
8 |
Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik
dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain) |
1 2 3 4 5 |
9 |
Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan
bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat) |
1 2 3 4 5 |
10 |
Kemampuan bekerjasama |
1 2 3 4 5 |
Skor Total
|
|
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar,
saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
………………, ……………..2009
Penilai, Penilai,
(………………………………) (………………………………)
NIP/NIK NIP/NIK
thx 4 d info…wish me luck for this year…
mohon kirim kami petunjuk mengikuti sertifikasi,sys pernah mengajukan sertifikasi tahun 2008 dinyatakan gagal,kemana mencari berkas karena kami cari alasan tidak jelas dari yang berkaitan
kegagalan mungkin juga diakibatkan karena kita tidak dapat menempatkan berkas yang seharusnya, bisa di upload kho!